Hubungan Dukungan Sosial dengan Kualitas Hidup Remaja di SMK X Kab. Indramayu

Chandra, Julyarno (2023) Hubungan Dukungan Sosial dengan Kualitas Hidup Remaja di SMK X Kab. Indramayu. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (652kB)

Abstract

Masa remaja berada di tahap mengalami perubahan transisi dari fisik, kognitif, dan psikososial. Biasanya, pada tahap ini remaja lebih percaya diri, lebih mandiri dan mulai berpikir tentang masa depan. Selain perubahan fisik, kognitif, dan psikososial, remaja membutuhkan dukungan sosial dari orang tua, sekolah, dan lingkungan sekitar yang dapat meningkatkan kualitas hidup pada remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara dukungan sosial dengan kualitas hidup remaja di SMK X Kab. Indramayu. Partisipan pada penelitian ini berjumlah 300 remaja di SMK X Kab. Indramayu yang berusia 14-19 tahun. Teknik penelitian ini menggunakan purposive sampling yang merupakan teknik non-probability sampling. Alat ukur dukungan sosial pada penelitian ini menggunakan Social Support Questionnaire (SSQ) dari Sarason et al. (1983). Sedangkan alat ukur kualitas hidup menggunakan The Kinder Lebensqualität Fragebogen (KINDL-R) dari Ravens-Sieberer dan Bullinger (2000). Uji korelasi penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif signifikan antara dukungan sosial dengan kualitas hidup remaja di SMK X Kab. Indramayu (r = 0,297 dan p = 0,000). Berdasarkan hasil uji korelasi, dapat diartikan bahwa semakin tinggi dukungan sosial, maka semakin tinggi pula kualitas hidup pada remaja di SMK X Kab. Indramayu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Denrich Suryadi, M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial, kualitas hidup, remaja
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 28 Feb 2023 04:50
Last Modified: 28 Feb 2023 04:50
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38988

Actions (login required)

View Item View Item