Perbedaan Motivasi Belajar Mahasiswa Ditinjau Dari Status Bekerja

Marcelle, Laura (2023) Perbedaan Motivasi Belajar Mahasiswa Ditinjau Dari Status Bekerja. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pandemi COVID-19 cukup berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa. Diketahui bahwa terdapat mahasiswa yang bekerja dan tidak bekerja, Motivasi adalah suatu proses yang memberi kekuatan, mengarahkan dan mempertahankan perilaku seseorang (Santrock, 2016). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji mengenai perbedaan motivasi belajar pada mahasiswa ditinjau dari status bekerja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang melibatkan 489 mahasiswa aktif dengan rentang usia 18-22 tahun. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Academic Motivation Scale (AMS) dari Vallerand et al., (1922) dan telah diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia oleh Marvianto dan Widhiarso (2018). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar pada dimensi Intrinsic Motivation antara mahasiswa yang bekerja dengan yang tidak bekerja, dimana motivasi belajar mahasiswa yang bekerja memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi daripada mahasiswa yang tidak bekerja dengan nilai t= -2.001, p= .045<.05. Hasil dari penelitian tambahan, yaitu perbedaan motivasi belajar mahasiswa bekerja dan tidak bekerja berdasarkan tingkatan semester pada dimensi amotivation menghasilkan nilai p= .000<.05, yang artinya semakin tinggi tingkatan semester, maka semakin rendah motivasi belajar pada mahasiswa yang bekerja dan tidak bekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Erik Wijaya, S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Mahasiswa Bekerja dan Tidak Bekerja
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 28 Feb 2023 04:53
Last Modified: 28 Feb 2023 04:53
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38989

Actions (login required)

View Item View Item