Gambaran Dukungan Sosial pada Mahasiswa Dewasa Awal

Khatimah, Husnul (2023) Gambaran Dukungan Sosial pada Mahasiswa Dewasa Awal. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
file 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dukungan sosial adalah bentuk komunikasi yang memberikan bantuan kepada individu, baik dalam bentuk fisik maupun psikologis, sehingga meningkatkan self-control pada individu yang sedang mengalami masa sulit ((Zimet et al., 1988). Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat adanya dukungan yang diterima dari keluarga, teman dan orang terdekatnya. Partisipan penelitian ini mendapat 90 mahasiswa berusia 20-25 tahun, terdapat laki-laki 21 orang yakni sebesar 23.3% dan perempuan 69 orang yakni sebesar 76.7% mahasiswa, yang berdomisili di Jakarta yang sedang aktif kuliah, dan mahasiswa di Strata Satu. Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif, teknik yang dipergunakan adalah teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan alat ukur Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) dikembangkan oleh Zimet et al. (1998). Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai mean hipotetik adalah 4 sementara nilai mean empirik yang diperoleh adalah 5.4602, terdapat perbedaan nilai sebesar 1.4602 mean empirik> dari mean hipotetik. Dengan demikian dukungan sosial tergolong tinggi. Hal ini memberi gambaran bahwa mahasiswa dewasa awal di Jakarta ini mendapatkan dukungan sosial yang tinggi dalam kehidupan mereka. Uji beda dalam penelitian menyatakan bahwa dukungan sosial berdasarkan jenis kelamin, usia, semester dan jurusan tidak ada perbedaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pamela Hendra Heng, S.Pd., M.P.H., M.A., Ph.D.& Bianca Marella, S.Psi., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Dukungan sosial, Mahasiswa, Dewasa Awal
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 28 Feb 2023 06:23
Last Modified: 28 Feb 2023 06:23
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39000

Actions (login required)

View Item View Item