Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Belajar Pada Siswa SMPN X Jakarta

Tiaradi, Ivon Yolanda (2023) Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Belajar Pada Siswa SMPN X Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. COVER-ABSTRAK .pdf

Download (403kB)

Abstract

Tugas utama sebagai pelajar di SMP adalah sukses dalam mencapai prestasi dan cita-citanya, agar pelajar dapat mencapai prestasi maksimal, diperlukan motivasi belajar yang tinggi. Banyaknya fenomena kenakalan remaja yang terjadi, juga sejalan dengan perkembangan teknologi yang dapat memberikan dampak positif dan negatif terhadap motivasi belajar. Salah satu yang mempengaruhi motivasi belajar adalah kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar pada siswa SMPN X Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan analisis Korelasi Pearson. Objek penelitian adalah siswa SMPN X Jakarta kelas 7,8, dan 9 dengan jumlah sampel 170 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner berbentuk Google Formulir. Variabel kecerdasan emosional, menggunakan alat ukur yang telah dirancang oleh bagian Riset dan Pengukuran Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara. Alat ukur variabel motivasi belajar yaitu Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) yang dikembangkan oleh Pintrich et al. (1991). Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar, dimana rxy = 0,508; p = 0,000 ( p < 0,050 ). Hasil penelitian menunjukkan semakin tinggi kecerdasan emoisonal, maka tinggi pula motivasi belajarnya, begitupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Raja Oloan Tumanggor S.Ag.
Uncontrolled Keywords: kecerdasan Emosional; Motivasi Belajar; Siswa SMP
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:11
Last Modified: 28 Feb 2023 07:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39001

Actions (login required)

View Item View Item