Hubungan Kesejahteraan Psikologis dan Produktivitas Pada Mahasiswa/i Tingkat Awal

Sandhya, Shri (2023) Hubungan Kesejahteraan Psikologis dan Produktivitas Pada Mahasiswa/i Tingkat Awal. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover - Abstrak.pdf

Download (547kB)

Abstract

Transisi dari masa sekolah menengah atas ke masa perkuliahan bukan hal yang mudah untuk dilewati. Beradaptasi dengan lingkungan baru, sistem pembelajaran, pertemanan bahkan usia yang mulai memasuki awal dewasa, dapat membuat masa perkuliahan menjadi sulit untuk dilalui. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kesejahteraan psikologis dan produktivitas terhadap mahasiswa/i tingkat awal. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Psychological Well-Being yang dikembangkan oleh Ryff pada tahun 2010 dan alat ukur produktivitas yang diadopsi oleh Maharani di tahun 2013, yang kemudian diadaptasi oleh peneliti untuk menyesuaikan dengan kriteria partisipan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan pengambilan data dilakukan dengan teknik proporsive sampling. Pengambilan data penelitian dilakukan secara daring pada bulan November hingga Desember 2022, dengan pengolahan data melibatkan 198 partisipan mahasiswa/i tingkat awal. Pengujian hipotesis menggunakan SPSS dengan teknik korelasi pearson correlation antara kesejahteraan psikologis dan produktivitas, memperoleh nilai r (150) = 0.550 dan nilai p < 0.05. Hasil menunjukkan variabel kesejahteraan psikologis memiliki hubungan positif yang signifikan dengan variabel produktivitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Widya Risnawaty, M. Psi., Psi.
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Psikologis, Produktivitas, Mahasiswa, Adaptasi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 28 Feb 2023 08:08
Last Modified: 28 Feb 2023 08:08
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39004

Actions (login required)

View Item View Item