Hubungan Academic Stress dengan Life Satisfaction pada Siswa SMKN (Studi Kasus Pada Remaja di SMKN X Kabupaten Indramayu)

Amelia, Vera (2023) Hubungan Academic Stress dengan Life Satisfaction pada Siswa SMKN (Studi Kasus Pada Remaja di SMKN X Kabupaten Indramayu). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (451kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara academic stress dan life satisfaction. Metode yang digunakan adalah kuantitatif non-eksperimental. Partisipan pada penelitian ini adalah siswa SMKN (14-17) tahun sebanyak 146 orang. Alat ukur yang digunakan untuk academic stress adalah Student Life Stress Inventory dan alat ukur life satisfaction adalah Satisfaction With Lfe Scale. Hasil analisi data menggunakan Pearson Product Moment dengan hasil koefisien sebesar r = -0.269 dan nilai signifikan p = 0.001 < 0.05. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara academic stress dengan life satisfaction. Semakin tinggi academic stress yang dialami siswa SMKN X Kabupaten Indramayu, maka semakin rendah life satisfaction yang dialami siswa SMKN X Kabupaten Indramayu. Sebaliknya, semakin rendah academic stress, maka semakin tinggi life satisfaction.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Debora Basaria, M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: stres, academic stress, life satisfaction, siswa, remaja
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 28 Feb 2023 08:11
Last Modified: 28 Feb 2023 08:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39005

Actions (login required)

View Item View Item