Gambaran Academic Self Efficacy pada Siswa SDN X Taman Sari Kecamatan Lelea, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat

Panjaitan, Shekinah Glory (2023) Gambaran Academic Self Efficacy pada Siswa SDN X Taman Sari Kecamatan Lelea, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (712kB)

Abstract

Adanya academic self-efficacy yang rendah dapat membuat siswa pesimis akan tugas dan untuk memasuki ke jenjang berikutnya (Bandura,1997). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran academic self-efficacy pada Siswa SDN X Taman Sari Kecamatan Lelea, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Penelitian ini dilakukan pada 148 orang siswa berjenis kelamin laki-laki dan perempuan berusia 9-13 tahun dari kelas 4-6 SD (sekolah dasar Alat ukur yang digunakan untuk mengukur variabel academic self-efficacy ini adalah bagian dari alat ukur fakultas Psikologi universitas Tarumanagara pada tahun 2015 dalam Bahasa Indonesia. Melalui teknik analisis dengan uji statistik melalui program SPSS versi 25, dari 3 dimensi academic self-efficacy yaitu level, generality dan strength yang menunjukan nilai yang tinggi yaitu dimensi level. Hal ini menunjukan bahwa siswa dapat mengerjakan tugas dari yang mudah dan merasa yakin dapat mengerjakan tugas-tugas belajar dengan baik. Selain itu berdasarkan analisis pada data tambahan, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan tingkat academic academic self-efficacy ditinjau dari jenis kelamin, lalu menurunnya tingkat academic self-efficacy ditinjau dari usia dan serta bertambahnya tingkat academic self-efficacy ditinjau dari kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agoes Dariyo S.Psi., M.Si., Psikolog
Uncontrolled Keywords: academic self-efficacy, self-efficacy
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 28 Feb 2023 08:46
Last Modified: 28 Feb 2023 08:46
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39014

Actions (login required)

View Item View Item