Peranan Adversity Quotient dan Persepsi Dukungan dari Dosen Pembimbing pada Mahasiswa yang mengerjakan skripsi di Masa Pandemi COVID-19

Bastiyan, Enryque (2023) Peranan Adversity Quotient dan Persepsi Dukungan dari Dosen Pembimbing pada Mahasiswa yang mengerjakan skripsi di Masa Pandemi COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7 - Cover - Abstrak.pdf

Download (548kB)

Abstract

Di masa Pandemi COVID-19 seringkali mahasiswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan skripsinya. Hal ini membuat mahasiswa mengalami stres akademik. Adversity Quotient diartikan sebagai daya juang individu dalam menanggulangi situasi yang dianggapnya sebagai masalah. Persepsi dukungan dari dosen pembimbing merupakan persepsi yang dirasakan oleh mahasiswa yang berasal dari dosen pembimbing melalui pemberian informasi, dorongan, bantuan yang nyata. Penelitian ini menggunakan alat ukur SASS yang diciptakan oleh Busari 2014, lalu adversity quotient menggunakan alat ukur yang berasal dari teori Stolzt tahun 2000. Persepsi dukungan dari Dosen menggunakan lat ukur dari teori Sarafino tahun 2011. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran adversity quotient dan Persepsi dukungan dari Dosen Pembimbing terhadap stres akademik pada mahasiswa yang skripsi di Masa Pandemi COVID-19. Penelitian ini melibatkan partisipan sebanyak 100 orang yang dibagi menjadi 21 Laki-laki dan 79 perempuan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif non experimental dengan uji regresi berganda menggunakan SPSS 25. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat peranan secara positif signifikan antara adversity quotient dan persepsi dukungan dari dosen pembimbing terhadap stres akademik pada mahasiswa yang skripsi dengan nilai R square sebesar 0.086 atau 8,6 % dan 91,4% dipengaruhi oleh variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Riana Sahrani, S.Psi., M.Si., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Stres akademik, Adversity Quotient, Persepsi Dukungan dari Dosen Pembimbing
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 28 Feb 2023 09:43
Last Modified: 28 Feb 2023 09:43
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39019

Actions (login required)

View Item View Item