Perancangan interior showroom BMW Astra Serpong, BSD, Tangerang (DI - 2399)

Angelaine, Imelda (2023) Perancangan interior showroom BMW Astra Serpong, BSD, Tangerang (DI - 2399). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
615190048_IMELDA_Cover.pdf

Download (180kB)
[img] Text
615190048_IMELDA_Pengesahan.pdf

Download (20kB)
[img] Text
615190048_IMELDA_Daftar Isi.pdf

Download (51kB)
[img] Text
615190048_IMELDA_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
615190048_IMELDA_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text
615190048_IMELDA_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] Text
615190048_IMELDA_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
615190048_IMELDA_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
615190048_IMELDA_Bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
615190048_IMELDA_Bab 7.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
615190048_IMELDA_Daftar Pustaka.pdf

Download (74kB)
[img] Text
615190048_IMELDA_Bab 8.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan daerah Tangerang, sejumlah developer mulai mengembangkan proyek di daerah tersebut, sehingga membuat pangsa pasar daerah Tangerang kian meningkat. Oleh sebab itu dibutuhkanlah fasilitas yang sesuai. Terkait kendaraan, warga Tangerang juga menggunakan mobil kelas premium. Pasar mobil premium yang dulunya didominasi oleh produk Eropa dan Jerman, kini mempunyai pesaing baru dari Jepang. Untuk mensiasati hal tersebut, BMW mengambil langkah maju dengan menghadirkan dealer resmi di BSD yang dapat menjadi salah satu fasilitas yang sesuai dgn pangsa pasar tersebut, sekaligus sebagai bentuk peningkatan pelayanan perusahaan BMW di Indonesia. Maka tujuan dari perancangan ini adalah merancang desain interior showroom yang dapat dikunjungi oleh semua jenis pengunjung dengan gaya desain yang dinamis dan high standard serta memperhatikan persyaratan umum sebuah showroom. Metode yang digunakan pada perancangan ini adalah metode diagram proses desain (Kilmer,2014) yang berisi tahapan commit, state, collect, analyze, ideate, choose, implement, dan evaluate. Berdasarkan hasil analisis, perusahaan BMW menampilkan citra future luxury, sehingga konsep yang cocok pada perancangan ini adalah konsep Aerodynamic, dimana konsep ini terinspirasi dari bentuk mobil yang melengkung dan lokasi showroom yang berada di perkotaan. Konsep ini didominasi dengan garis lengkung dan memiliki sirkulasi yang luas sehingga cocok untuk semua jenis pengunjung. Didominasi dengan corporate color perusahaan BMW serta menggunakan furniture moveable dan high-standard sehingga memberikan nuansa yang representatif. Kesimpulannya adalah konsep ini sangat sesuai dengan citra dan target market perusahaan BMW yang merupakan kalangan menengah ke atas sehingga pengunjung merasa tepat dan sepadan saat memasuki showroom. Kata Kunci: BMW, Desain, Futuristic Luxury, Interior, Showroom

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Interior
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 03 Apr 2023 04:45
Last Modified: 03 Apr 2023 04:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39207

Actions (login required)

View Item View Item