Chelsea, Chelsea (2023) Perancangan dunia maya 3D metaverse untuk event sorak sorai (DKV - 2958). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
625190066_CHELSEA_Cover.pdf Download (299kB) |
|
Text
625190066_CHELSEA_Pengesahan.pdf Download (192kB) |
|
Text
625190066_CHELSEA_Daftar Isi.pdf Download (208kB) |
|
Text
625190066_CHELSEA_Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
|
Text
625190066_CHELSEA_Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
|
Text
625190066_CHELSEA_Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (645kB) |
|
Text
625190066_CHELSEA_Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (834kB) |
|
Text
625190066_CHELSEA_Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (750kB) |
|
Text
625190066_CHELSEA_Bab 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
625190066_CHELSEA_Daftar Pustaka.pdf Download (259kB) |
Abstract
Covid-19 yang berlangsung di Indonesia telah menimbulkan kerugian di beberapa sektor ekonomi salah satunya industri MICE. Penggunaan teknologi meningkat berdasarkan solusi yang dicari oleh perusahaan lewat virtual event dalam menanggulangi kerugian yang semakin lama memunculkan berbagai perkembangan seperti metaverse. Metaverse merupakan hal baru yang sedang naik daun dan klien ingin memanfaatkan momen, namun belum memiliki tampilan produk yang terkait. Bentuk metaverse yang ingin dikembangkan oleh perusahaan adalah metaverse event dengan nama Sorak Sorai, sebuah metaverse yang siap menjadi tempat berlangsungnya berbagai event, mulai dari konser, pameran, booth, hingga tempat bermain. Tujuan dari perancangan ini adalah menghasilkan rancangan dunia maya 3D metaverse untuk event Sorak Sorai yang sesuai dengan kebutuhan klien.Metode yang digunakan dalam perancangan ini diambil dari 3D Production Pipeline yaitu praproduksi (pengumpulan data, ide perancangan), produksi (layout, modelling, texturing, animation, lighting, rendering), dan pascaproduksi (compositing) sesuai dengan 3D production pipeline. Pada tahap pengumpulan ide dilakukan pula beberapa metode penelitian, yaitu secara kuantitatif dan kualitatif. Kuantitatif dilakukan dengan membagikan kuesioner lewat Google Form kepada 134 responden berusia 17-25 tahun dan secara kualitatif dilakukan dengan wawancara target audience serta klien sendiri.Pengerjaan 3D environment metaverse untuk event Sorak Sorai melewati banyak hal dan pada akhirnya ini sudah sesuai dengan target audience yang diminta oleh klien dan menjawab kebutuhan dari klien serta berbagai permasalahan dunia yang muncul terlebih lagi karena pandemi Covid-19. Untuk mengembangkan perancangan lebih baik seperti diperlukan waktu lebih panjang dan juga kedepannya pun diperlukan adanya penambahan beberapa island lainnya selain 3 island. Kata Kunci: 3D, event, gen Z, metaverse
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain |
Divisions: | Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 02:19 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 02:19 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39366 |
Actions (login required)
View Item |