ANALISIS FAKTOR DETERMINAN STRUKTUR MODAL (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF DAN KOMPONENNYA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008-2012)

Salim, Jeffry (2013) ANALISIS FAKTOR DETERMINAN STRUKTUR MODAL (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF DAN KOMPONENNYA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008-2012). Masters thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Jeffry Salim 127111011 JA.pdf.pdf

Download (112kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, strukturaktiva, pertumbuhan perusahaan, dan profitabilitas baik secara parsial maupun secara simultan, dengan struktur modal perusahaan otomotif dan komponennya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2012.Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 12 sampel perusahaan.Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS 19 dengan level of significance 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ukuran perusahaan, struktur aktiva, pertumbuhan perusahaan, dan profitabilitas berpengaruhsignifikan terhadap struktur modal. Secara parsial hanya struktur aktiva dan profitabilitas mempunyai pengaruh signifikan terhadap struktur modal perusahaan. Struktur aktiva dan profitabilitas memiliki pengaruh yang negatif signifikan terhadap struktur modal perusahaan sementara ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap struktur modal perusahaan. Dengan demikian kreditor dapat mempertimbangkan faktor-faktor tersebut dalam mengambil keputusan yang terkait dengan peminjaman dana kepada perusahaan. Perusahaan pun dapat meningkatkan kinerjanya supaya faktor yang dipertimbangkan oleh kreditor dapat menunjukkan hasil yang baik sehingga dapat menarik minat kreditor untuk meminjamkan dana kepada perusahaan. Kata Kunci: Struktur modal, ukuran perusahaan, strukturaktiva, pertumbuhan perusahaan, dan profitabilitas

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 03 May 2023 07:35
Last Modified: 03 May 2023 07:35
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39581

Actions (login required)

View Item View Item