Pengaruh ROA, DER, Firm Size, Capital Intensity Terhadap Agresivitas Pajak (ETR) Dengan Earnings Management Sebagai Variabel Moderasi

Immaculata, Eunike (2022) Pengaruh ROA, DER, Firm Size, Capital Intensity Terhadap Agresivitas Pajak (ETR) Dengan Earnings Management Sebagai Variabel Moderasi. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Eunike Immaculata R 125194018 JA.pdf

Download (442kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh profitabilitas, leverage, firm size, dan capital intensity terhadap agresivitas pajak dengan moderasi earnings management. Jumlah observasi adalah 165 data yang berasal dari 55 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2018-2020. Teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode pengujian hipotesis yang diterapkan pada penelitian adalah moderated regression analysis. Model regresi yang cocok dalam penelitian ini adalah fixed effect model (FEM). Penelitian ini menggunakan effective tax rate (ETR) sebagai parameter dalam mengukur agresivitas pajak perusahaan. Berdasarkan hasil dari data yang telah diolah, ROA, DER, firm size, dan CIR tidak berpengaruh signifikan terhadap ETR. Earnings management sebagai variabel moderasi tidak dapat memoderasi pengaruh profitabilitas, leverage, firm size, dan capital intensity terhadap agresivitas pajak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 May 2023 04:44
Last Modified: 15 May 2023 04:44
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39795

Actions (login required)

View Item View Item