PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, DAN MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMER NON-CYCLICALS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA SEBELUM DAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Juandi, Juandi (2022) PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, DAN MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMER NON-CYCLICALS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA SEBELUM DAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Juandi 125190131 JA.pdf

Download (756kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh likuiditas (CR), leverage (DER), ukuran perusahaan (SIZE), dan modal intelektual (VAIC) terhadap kinerja perusahaan di sektor consumer non-cyclicals sebelum dan di masa pandemi COVID-19, dengan menggunakan tahun 2018 dan 2019 sebagai periode sebelum pandemi, dan tahun 2020 dan 2021 sebagai periode di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling untuk mengambil sampel, dan menguji hipotesisnya dengan menggunakan analisis regresi dan uji peringkat bertanda Wilcoxon dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa likuiditas, ukuran perusahaan sebelum masa pandemi, dan modal intelektual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja perusahaan, sementara ukuran perusahaan di masa pandemi, serta leverage tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Selain itu, tidak ada perbedaan antara rata-rata kinerja perusahaan sebelum dan di masa pandemi Covid-19. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan likuiditas, ukuran perusahaan, serta modal intelektual perusahaan yang akan meningkatkan kinerja perusahaan yang akan memberikan sinyal yang baik bagi investor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 16 May 2023 04:12
Last Modified: 16 May 2023 04:12
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/39893

Actions (login required)

View Item View Item