ANALISIS PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, ASIMETRI INFORMASI, DAN EARNINGS POWER TERHADAP MANAJEMEN LABA

Gunawan, Syelly (2023) ANALISIS PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, ASIMETRI INFORMASI, DAN EARNINGS POWER TERHADAP MANAJEMEN LABA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Syelly Gunawan 125194002 JA.pdf

Download (453kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage, ukuran perusahaan, profitabilitas, likuiditas, asimetri informasi, dan earnings power terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020. Dalam penelitian ini digunakan 171 data obervasi yang diperoleh dari 57 perusahaan manufaktur yang telah memenuhi kriteria yang ditetapkan, yang dimana pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data tersebut diperhitungkan dan diolah menggunakan software Microsoft Excel 2016 dan Eviews 12. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik sebelum melakukan pengujian hipotesis dan menggunakan metode model regresi linier berganda, dengan Fixed Effect Model (FEM) yang cocok untuk penelitian ini. Pada penelitian ini variabel dependen manajemen laba menggunakan rumus Discretionary Accruals, dimana leverage, profitabilitas, dan earnings power berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba sedangkan ukuran perusahaan, likuiditas, dan asimetri informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 22 May 2023 04:14
Last Modified: 22 May 2023 04:14
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40050

Actions (login required)

View Item View Item