PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA BISNIS MELALUI KOMPETENSI PENGETAHUAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA WIRAUSAHA KULINER SUNTER JAKARTA UTARA

Clinton, Clinton (2023) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA BISNIS MELALUI KOMPETENSI PENGETAHUAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA WIRAUSAHA KULINER SUNTER JAKARTA UTARA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Clinton 115190377 JA.pdf

Download (764kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja bisnis melalui kompetensi pengetahuan sebagai variabel mediasi pada wirausaha kuliner sunter. Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan teknik sampel purposive sampling. Kriteria sampel meliputi responden yang merupakan pelaku wirausaha kuliner di Sunter, Jakarta Utara. Kemudian, pelaku usaha yang telah menjalankan usahanya lebih dari 1 tahun. Maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan responden berjumlah 100 orang. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan SmartPLS versi 3.3.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis. Kompetensi pengetahuan dapat memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar secara posiif dan signifikan terhadap kinerja bisnis. Orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi pengetahuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 24 May 2023 03:48
Last Modified: 24 May 2023 03:48
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40147

Actions (login required)

View Item View Item