PENGARUH SELF-PERCEIVED CREATIVITY DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMPREDIKSI INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS DI JAKARTA BARAT

Gracia, Elviolin (2022) PENGARUH SELF-PERCEIVED CREATIVITY DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMPREDIKSI INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS DI JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Elviolin Gracia 115190178 JA.pdf

Download (649kB) | Preview

Abstract

Seorang mahasiswa dalam membangun sebuah bisnis harus mampu bersaing dengan wirausaha lainnya, misalnya dengan memiliki nilai lebih seperti kreativitas, memanfaatkan media sosial dan harus memiliki niat untuk berwirausaha. Seseorang yang memiliki kreativitas belum tentu ingin menjadi seorang wirausaha sehingga diperlukan keyakinan bahwa diri mereka memiliki kreativitas sehingga mereka baru berani untuk mengambil keputusan untuk membuka usaha. Media sosial juga mendorong seseorang untuk membangun usahanya sendiri karena kemudahan dan kemajuan teknologi serta ketergantungan akan media sosial. Dengan adanya media sosial, seseorang yang memiliki self- perceived creativity dan kreativitas terdorong untuk membangun usahanya sendiri melalui kreativitas yang dimiliki. Maka dari itu dibuatlah penelitian ini untuk menguji apakah terdapat pengaruh self-perceived creativity dan penggunaan media sosial dalam memprediksi intensi berwirausaha mahasiswa universitas di Jakarta Barat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling karena sampel ini hanya dibatasi pada 150 mahasiswa di tiga universitas dengan mahasiswa terbanyak di Jakarta Barat. Data pada penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner dalam bentuk Google Form. Alat analisis data yang digunakan menggunakan SmartPLS-4.00. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Self-perceived Creativity memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha. 2) Penggunaan media sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha. 3) Penggunaan media sosial tidak memoderasi hubungan antara seseorang yang memiliki self- perceived creativity dengan intensi berwirausaha dan hanya menjadi moderasi prediktor. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-perceived creativity dan penggunaan media sosial dalam memprediksi intensi berwirausaha mahasiswa universitas di Jakarta Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 24 May 2023 07:45
Last Modified: 24 May 2023 07:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40166

Actions (login required)

View Item View Item