PENGARUH NORMA SUBJEKTIF DAN KONTROL DIRI TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA DENGAN SIKAP BERWIRAUSAHA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA MAHASISWA FEB-UNTAR

Felicia, Felicia (2023) PENGARUH NORMA SUBJEKTIF DAN KONTROL DIRI TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA DENGAN SIKAP BERWIRAUSAHA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA MAHASISWA FEB-UNTAR. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Felicia 115190242 JA.pdf

Download (791kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh norma subjektif, dan kontrol diri terhadap niat berwirausaha. Kemudian sikap berwirausaha sebagai mediasi pada pengaruh norma subjektif terhadap niat berwirausaha dan sikap berwirausaha dan sebagai mediasi pada pengaruh kontrol diri terhadap niat berwirausaha. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa undergraduate di FEB-Untar yang mengambil konsentrasi kewirausahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam mengambil responden adalah non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei dengan instrument kuesioner yang disebar secara daring melalui media sosial Whatsapp, yang dibuat melalui google form. Analisis data dilakukan menggunakan software SmartPLS versi 3.3.9. Hasil analisis data menunjukkan norma subjektif dan kontrol diri secara masing-masing berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap niat berwirausaha. Sikap berwirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha. Sikap berwirausaha memediasi secara positif dan signifikan pengaruh norma subjektif terhadap niat berwirausaha. Kemudian, sikap berwirausaha memediasi secara positif dan signifikan pengaruh kontrol diri terhadap niat berwirausaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 24 May 2023 08:55
Last Modified: 24 May 2023 08:55
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40174

Actions (login required)

View Item View Item