PENGARUH LEADERSHIP DAN JOB SATISFACTION TERHADAP TURNOVER INTENTION (COMMITMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI) PADA KARYAWAN PT Spartan E-Sports

Gabriele, Fhelia (2022) PENGARUH LEADERSHIP DAN JOB SATISFACTION TERHADAP TURNOVER INTENTION (COMMITMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI) PADA KARYAWAN PT Spartan E-Sports. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Fhelia Gabriele Angeline 115190144 JA.pdf

Download (832kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Leadership dan Job Satisfaction terhadap Turnover Intention dengan Commitment sebagai variabel mediasi pada karyawan PT. Spartan E-sports. Alasan dipilihnya topik ini adalah karena studi mengenai berkembangnya perusahaan jasa yang mengakibatkan adanya persaingan bisnis yang ketat di bidang pelayanan terhadap pelanggan sangat popular dalam dekade ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah total sample 130 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan karakteristik responden karyawan tetap di PT. Spartan E-sports. Metode penelitian yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program Smart PLS 4.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa Leadership dan Job Satisfaction memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Commitment. Namun tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Turnover Intention. Sedangkan Commitment sebagai variabel mediasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Turnover Intention. Hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk mengembangkan kepemimpinan dan kepuasan kerja karyawan untuk mengurangi terjadinya turnover intention. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah perusahaan perlu mengevaluasi kembali terhadap faktor yang membuat kinerja karyawan menurun yang akan berdampak pada terjadinya turnover intention, hal ini dapat diperhatikan melalui Leadership, Job Satisfaction dan Commitment karena ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh yang signifikan bagi perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 25 May 2023 08:04
Last Modified: 25 May 2023 08:04
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40191

Actions (login required)

View Item View Item