PENGARUH LINGKUNGAN INSTITUSI, ORANG TUA PANUTAN, DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS TARUMANAGARA

Rusly, Jessica (2023) PENGARUH LINGKUNGAN INSTITUSI, ORANG TUA PANUTAN, DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS TARUMANAGARA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Jessica Rusly 115199118 JA.pdf

Download (698kB) | Preview

Abstract

Sebagai negara berkembang, Indonesia tidak luput dari masalah pengangguran. Pengaruh tingkat pengangguran yang tinggi akan menurunkan kesejahteraan dan standar hidup masyarakat. Kondisi ini disebabkan banyak tenaga kerja yang siap kerja tidak memiliki lapangan kerja karena kurangnya jumlah wirausaha hingga mengakibatkan ketidakmampuan memenuhi kebutuhan pokoknya. Instabilitas angka pengangguran dari tahun ke tahun di Indonesia membuktikan bahwa kurangnya lapangan pekerjaan yang tersedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh lingkungan institusi, orang tua, dukungan keluarga terhadap minat berwirausaha. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif karena tidak ada variabel yang dimanipulasi. Dalam penelitian deskriptif terdapat cross- sectional design. Cross-sectional design adalah jenis desain penelitian yang mengumpulkan data yang dilakukan dalam satu kali selama periode penelitian, Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara dengan program studi manajemen, konsentrasi kewirausahaan. Dalam penelitian ini, pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dan dengan menggunakan teknik purposive sampling, sampel di dalam penelitian ini berjumlah 130 sampel dengan menyebarkan kuesioner menggunakan G-form lalu mengola data menggunakan Smart PLS 4. Dari 130 sampel mayoritas di dalam penelitian ini adalah pria sebanyak 82 responden (63%). Mayoritas responden terbanyak berusia 23-25 tahun (52%). Responden terbanyak berasal dari semester 5-6 sebanyak 70 responden (53%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lingkungan institusi dan dukungan keluraga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa universitas Tarumanagara. Orang tua panutan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Universitas Tarumanagara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 29 May 2023 06:43
Last Modified: 29 May 2023 06:43
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40272

Actions (login required)

View Item View Item