PENGARUH FINANCIAL KNOWLEDGE, FINANCIAL ATTITUDE, DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP FINANCIAL BEHAVIOR PADA GENERASI Z DI JAKARTA

Sagita, Joceline (2022) PENGARUH FINANCIAL KNOWLEDGE, FINANCIAL ATTITUDE, DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP FINANCIAL BEHAVIOR PADA GENERASI Z DI JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Joceline Sagita Landias 115190172 JA.pdf

Download (724kB) | Preview

Abstract

Kehidupan sehari-hari manusia tidak bisa terlepas dari uang, untuk itu semua orang diharapkan mampu melakukan praktik pengelolaan keuangan yang baik. Pemahaman mengenai pengeloalan keuangan ini harus dipahami sedini mungkin, sebab kebiasaan keuangan yang dimiliki seseorang akan terus dibawa hingga dewasa kelak (Dwiastanti, 2015). Data dari BPS (2020) menunjukan bahwa 27.94% penduduk Indonesia didominasi oleh generasi Z. Maka, sebagai generasi yang diharapkan mampu memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan perekonomian di Indonesia, penting untuk memulai pengelolaan keuangan sejak dini. Namun, data dari survey kolaborasi antara OCBC dan Nielsen (2021) menyebutkan bahwa sebagian besar generasi muda masih berfokus pada pemenuhan kebutuhan jangka pendek. Untuk itu, perlu dicari faktor-faktor yang memengaruhi praktik pengelolaan keuangaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh antara financial knowledge, financial attitude, dan locus of control terhadap financial behavior. Populasi dalam penelitian ini ialah generasi Z dalam usia produktif dan berdomisili di Jakarta. Total sampel yang diperoleh berjumlah 200 sampel yang diperoleh dengan metode non-probability sampling. Data yang telah diperoleh, diolah dengan pemodelan persamaan struktural yang dibantu oleh program SmartPLS 4.0.8.5. Hasil penelitian ini menujukan bahwa financial attitude dan locus of control berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial behavior, sedangkan financial knowledge tidak berpengaruh terhadap financial behavior. Implikasi dalam penelitian ini diharapkan mampu mendorong generasi muda untuk meningkatkan kesadaran dalam mengelola keuangan yang lebih bertanggung jawab sejak dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 29 May 2023 07:27
Last Modified: 29 May 2023 07:27
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40281

Actions (login required)

View Item View Item