Hariyanto, Malvin (2023) PENGARUH KREATIVITAS, PENGETAHUAN, KEWIRAUSAHAAN, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEBERHASILAN USAHA UMKM. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
|
Text
Malvin Hariyanto 115190320 JA.pdf Download (889kB) | Preview |
Abstract
Pada zaman sekarang ini masih banyak UMKM yang tidak berhasil dalam menjalankan usahanya . masih banyak sekali usaha UMKM yang kurang kreatif dalam menjalankan usahanya. Kebanyakan dari para pemilik UMKM ini masih mengikuti UMKM lain yang sudah ada, sehingga tidak ada faktor pembeda antara UMKM satu dengan lainya. Selain itu masih banyak pemilik UMKM yang tidak mengerti penggunaan media sosial dalam mengembangkan usahanya. Cara konvensional masih sering kita temukan disekitaran kita dan ini menjadi salah satu alasan sebuah UMKM tidak berkembang secara maksimal dalam mencapai keberhasilan usahanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh dari kreativitas, pengetahuan kewirausahaan,dan media sosial terhadap keberhasilan usaha UMKM. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling. Penelitian menyebarkan kuesioner kepada 60 pemilik usaha. Analisis data menggunakan analisis SmartPLS 3.0. Hasil analisis menyimpulkan bahwa kreativitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan UMKM. Pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan UMKM. Media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan UMKM.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | FE Perpus |
Date Deposited: | 30 May 2023 02:34 |
Last Modified: | 30 May 2023 02:34 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40307 |
Actions (login required)
View Item |