PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING USAHA PALA DI KOTA TERNATE

Muzainah, Nurdiawaty (2022) PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING USAHA PALA DI KOTA TERNATE. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Nurdiawaty Muzainah Dedy 115190246 JA.pdf

Download (642kB)

Abstract

Prospek pengembangan penganekaragaman produk berbahan baku daging buah pala yang ada di Kota Ternate sangat prospektif, namun diperlukan usaha komprehensif dan memperhatikan berbagai kendala seperti kontinuitas bahan baku, kualitas SDM, modal usaha, manajemen usaha dan standar mutu agar para pelaku usaha di bidang ini mampu mengambil peluang pasar dan berkompetitif sampai ke mancanegara. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji orientasi pasar, bauran pemasaran terhadap keunggulan bersaing usaha Pala di Kota Ternate. Populasi penelitian ini adalah pengusaha Pala. Sampel dalam penelitian yang digunakan sebanyak 74 responden dengan kuesioner yang disebarkan secara online menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan software SmartPLS-SEM 4. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh signifikan dan memiliki hubungan yang positif terhadap keunggulan bersaing usaha Pala di Kota Ternate. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa orientasi pasar memiliki hubungan positif tetapi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keunggulan bersaing usaha Pala di Kota Ternate.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 30 May 2023 07:26
Last Modified: 05 Jun 2023 04:42
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40339

Actions (login required)

View Item View Item