PENGARUH OPPORTUNITY RECOGNITION DAN PERSONALITY PADA ENTREPRENEURIAL INTENTION MAHASISWA: RISK AVERSION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Michella, Septihani (2022) PENGARUH OPPORTUNITY RECOGNITION DAN PERSONALITY PADA ENTREPRENEURIAL INTENTION MAHASISWA: RISK AVERSION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Septihani Michella Wijaya 115190048 JA.pdf

Download (767kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh opportunity recognition pada entrepreneurial intention, 2) pengaruh terdapat pengaruh opportunity recognition pada personality, 3) pengaruh opportunity recognition pada risk aversion, 4) pengaruh personality pada entrepreneurial intention, 5) pengaruh risk aversion pada entrepreneurial intention, 6) pengaruh opportunity recognition memediasi risk aversion dengan entrepreneurial intention, 7) pengaruh personality memediasi risk aversion dengan entrepreneurial intention. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dan teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner online google form dengan jumlah sampel sebanyak 200 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM). Pengolahan data dilakukan menggunakan SmartPLS. Sampel dalam penelitian ini merupakan mahasiswa perguruan tinggi di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Hasil dari penelitian ini adalah 1) opportunity recognition berpengaruh positif pada entrepreneurial intention dikalangan mahasiswa perguruan tinggi di Jabodetabek, 2) personality berpengaruh positif pada entrepreneurial intention dikalangan mahasiswa perguruan tinggi di Jabodetabek, 3) risk aversion berpengaruh positif pada entrepreneurial intension dikalangan mahasiswa perguruan tinggi di Jabodetabek, 4) opportunity recognition berpengaruh positif pada risk aversion dikalangan mahasiswa perguruan tinggi di Jabodetabek, 5) personality berpengaruh positif pada risk aversion dikalangan mahasiswa perguruan tinggi di Jabodetabek, 6) risk aversion dapat memediasi personality dan entrepreneurial intention dikalangan mahasiswa perguruan tinggi di Jabodetabek, dan 7) risk aversion dapat memediasi hubungan opportunity recognition dengan entrepreneurial intention dikalangan mahasiswa perguruan tinggi di Jabodetabek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 31 May 2023 04:34
Last Modified: 05 Jun 2023 06:27
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40374

Actions (login required)

View Item View Item