PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN BISNIS DAN KEMAMPUAN MANAJEMEN TERHADAP KINERJA UMK ALAT KANTOR DI PASAR PAGI LAMA

Steven, Steven (2022) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN BISNIS DAN KEMAMPUAN MANAJEMEN TERHADAP KINERJA UMK ALAT KANTOR DI PASAR PAGI LAMA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Steven 115190249 JA.pdf

Download (521kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya pengangguran yang tinggi di Indonesia dikarenakan kurangnya lapangan kerja di Indonesia. UMK merupakan penggerak ekonomi nasional di Indonesia dengan memegang peranan penting bagi PDB dengan kontribusi sebesar 61% dan dapat menyerap tenaga kerja sebesar 97%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh orientasi kewirausahaan, lingkungan bisnis, dan kemampuan manajemen terhadap kinerja Usaha Mikro Kecil (UMK) bidang alat kantor di Pasar Pagi Lama. Pada penelitian ini, teori yang digunakan merupakan teori RBV (Resource Based View). Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan dengan metode convenience sampling. Populasi pada penelitian ini terdapat 75 populasi yang merupakan pelaku UMK alat kantor di Pasar Pagi Lama. Dari 75 populasi dalam penelitian ini, yang dapat digunakan pada penelitian ini hanya 72 sampel yang merupakan pelaku UMK alat kantor di Pasar Pagi Lama. Sampel dalam penelitian ini merupakan pelaku UMK alat kantor di Pasar Pagi Lama sebanyak 72 sampel. Data dianalisis menggunakan metode SEM dengan aplikasi SmartPLS versi 3.3.3. Hasil penelitian ini menemukan adanya pengaruh positif dan signifikan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UMK alat kantor di Pasar Pagi Lama, terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan bisnis terhadap kinerja UMK alat kantor di Pasar Pagi Lama, terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan manajemen terhadap kinerja UMK alat kantor di Pasar Pagi Lama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 31 May 2023 07:19
Last Modified: 05 Jun 2023 06:44
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40391

Actions (login required)

View Item View Item