PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA, DUKUNGAN KEUANGAN, DAN JARINGAN USAHA TERHADAP KEBERHASILAN USAHA KULINER OLEH WIRAUSAHA MUDA DI JAKARTA YANG DIMEDIASI OLEH KEMAMPUAN INOVASI

Thomas, Thomas (2022) PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA, DUKUNGAN KEUANGAN, DAN JARINGAN USAHA TERHADAP KEBERHASILAN USAHA KULINER OLEH WIRAUSAHA MUDA DI JAKARTA YANG DIMEDIASI OLEH KEMAMPUAN INOVASI. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Thomas 115190175 JA.pdf

Download (912kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh antara dukungan keluarga, dukungan keuangan, jaringan usaha terhadap kemampuan inovasi pada wirausaha muda yang bergerak dalam usaha kuliner di Jakarta, kemudian untuk menguji pengaruh antara kemampuan inovasi terhadap keberhasilan usaha, dan untuk menguji kemampuan inovasi mampu memediasi pengaruh dukungan keluarga, dukungan keuangan, jaringan usaha terhadap keberhasilan usaha. Populasi dalam penelitian ini adalah wirausaha didalam bidang kuliner dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah wirausaha muda yaitu dari umur 22 – 42 (Gen Y – Gen Z) dan sudah menjalani usaha minimal 1 tahun. Metode purposive sampling digunakan dengan menyebarkan kuesioner kepada calon responden dan diolah oleh SmartPLS 3. Hasil dari penelitian ini yaitu dukungan keluarga dan jaringan usaha dapat mempengaruhi kemampuan inovasi, kemudian kemampuan inovasi dapat mempengaruhi keberhasilan usaha, sedangkan dukungan keuangan tidak dapat mempengaruhi kemampuan inovasi, kemudian kemampuan inovasi mampu memediasi dukungan keluarga dan jaringan usaha terhadap keberhasilan usaha, sedangkan kemampuan inovasi tidak mampu memediasi dukungan keuangan terhadap keberhasilan usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 31 May 2023 08:22
Last Modified: 05 Jun 2023 06:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40402

Actions (login required)

View Item View Item