PENGARUH MOTIVASI KERJA, STRES KERJA, DAN PERILAKU KEWARGAAN ORGANISASIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT PHARINDO LABORATORIES DI JAKARTA SELATAN

Yunardi, Verson (2023) PENGARUH MOTIVASI KERJA, STRES KERJA, DAN PERILAKU KEWARGAAN ORGANISASIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT PHARINDO LABORATORIES DI JAKARTA SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Verson Yunardi 115190100 JA.pdf

Download (646kB)

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu bagian terpenting dan dapat menjadi kunci kesuksesan bagi organisasi dalam bidang apapun. Dalam suatu organisasi harus meningkatkan kepuasan kerja karyawan dengan berfokus pada variabel motivasi kerja, stres kerja, dan perilaku kewargaan organisasional. Dengan rendahnya kepuasan kerja karyawan dalam perusahaan maka akan berisiko munculnya stres kerja yang dirasakan oleh karyawan, sehingga akan membuat karyawan tidak termotivasi dalam bekerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja, stres kerja, dan perilaku kewargaan organisasional terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT Pharindo Laboratories di Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada seluruh karyawan PT Pharindo Laboratories dengan jumlah sampel sebanyak 55 responden dengan menggunakan purposive sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini dikerjakan secara kuantitatif dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), yang diolah dengan bantuan Software SmartPLS versi 3.3.3. Hasil penelitian ini menunjukkan motivasi kerja dan perilaku kewargaan organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT Pharindo Laboratories, stres kerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat nyata bagi karyawan di PT Pharindo Laboratories dan dapat memberikan masukan kepada perusahaan PT Pharindo Laboratories untuk memperhatikan kepuasan kerja karyawannya melalui motivasi kerja, stres kerja, dan perilaku kewargaan organisasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 31 May 2023 08:47
Last Modified: 05 Jun 2023 06:59
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40406

Actions (login required)

View Item View Item