PENGARUH SIKAP KEWIRAUSAHAAN, NORMA SUBJEKTIF, DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP NIAT WIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS TARUMANAGARA

Ekachandra, William (2023) PENGARUH SIKAP KEWIRAUSAHAAN, NORMA SUBJEKTIF, DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP NIAT WIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS TARUMANAGARA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
William Ekachandra 115199106 JA.pdf

Download (945kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara keempat dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia dan pertama di Asia Tenggara di tahun 2022. Namun, rasio jumlah wirausaha di Indonesia berbanding terbalik dengan jumlah penduduk. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh sikap kewirausahaan, norma subjektif, dan pengetahuan kewirausahaan terhadap niat wirausaha mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional dan purposive sampling. Adapun 112 responden mahasiswa S1 Manajemen Universitas Tarumanagara yang sudah mendapatkan pendidikan kewirausahaan menjawab instrumen pada kuesioner survei penelitian ini. Data diolah menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4 dengan analisis data, seperti uji validitas dan reliabilitas; koefisien determinasi; ukuran efek; dan pengujian hipotesis bootstrap. Hasil penelitian menyatakan bahwa sikap kewirausahaan dan norma subjektif memiliki pengaruh yang positif dan signifikan, sedangkan pengetahuan kewirausahaan memiliki pengaruh yang positif dan tidak signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi penelitian serupa di masa yang akan mendatang dengan mengembangkan dan menerapkan variabel penelitian, seperti pengetahuan kewirausahaan sejak dini, juga ruang lingkup sampel dapat diperluas untuk memperoleh informasi yang lebih beragam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:26
Last Modified: 05 Jun 2023 02:26
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40419

Actions (login required)

View Item View Item