PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI E-COMMERCE DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA UMKM PADA BIDANG KULINER DI VILLA TAMAN BANDARA TANGERANG

Wijaya, Wilson (2022) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI E-COMMERCE DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA UMKM PADA BIDANG KULINER DI VILLA TAMAN BANDARA TANGERANG. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Wilson Wijaya 115190290 JA.pdf

Download (984kB)

Abstract

Pertumbuhan jumlah UMKM di Indonesia selalu bertambah tiap tahunnya. Semakin banyaknya jumlah UMKM akan membuat semakin banyaknya persaingan sehingga wirausahawan perlu untuk terus berinovasi dalam menghadapi persaingan bisnis. Penggunaan aplikasi E-commerce menjadi salah satu inovasi yang berkembang di lingkungan masyarakat dan telah menjadi faktor yang sangat penting bagi usaha untuk dapat memperluaskan wilayah usaha, meningkatkan produktivitas usaha dan menciptakan strategi baru dalam kegiatan marketing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi E-commerce dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UMKM dibidang kuliner. Sampel UMKM dibidang kuliner yang digunakan adalah sebanyak 75 sampel yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Data pada sampel diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang disebar. Data diolah dengan menggunakan analisis outer model analysis dan inner model analysis pada software SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi E-commerce berpengaruh secara positif terhadap kinerja UMKM dan orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh secara positif terhadap kinerja UMKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:51
Last Modified: 05 Jun 2023 02:51
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40425

Actions (login required)

View Item View Item