PENGARUH LEVERAGE DAN PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAGEMENT LABA PADA INDUSTRI KESEHATAN (HEALTHCARE) YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2019 – 2021

Nuraini, Fauziah (2022) PENGARUH LEVERAGE DAN PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAGEMENT LABA PADA INDUSTRI KESEHATAN (HEALTHCARE) YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2019 – 2021. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Fauziah Nuraini 126212046 JA.pdf

Download (325kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui leverage dan penerapan good corporate governance terhadap manajemen laba. Metode penelitian kuantitatif, data dari survery non partisipan, rasio keuangan bursa efek indonesia 2019-2021 sebanyak 17 sampel, teknik analisis oleh smart pls dan spss 25 uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan leverage sebagai dorongan tambahan dan berpengaruh terhadap manajemen laba sebesar 0.79%, penerapan good corporate governance sebagai titik penting operasional perusahaan, terbukti berpengaruh terhadap manajemen laba sebesar 19.62%, manajemen laba yang ideal ditunjukan melalui peningkatan leverage perusahaan atas hasil penerapan good corporate governance yang akurat, terbukti leverage melalui penerapan good corporate governance berpengaruh terhadap manajemen laba sebesar 3.94%. Dibuktikan dengan hasil penelitian ini terdapat pengaruh simultan leverage dan penerapan good corporate governance terhadap manajemen laba sebesar 43.16%. Saran untuk meningkatkan manajemen laba perusahaan penting memperhatikan penerapan good corporate governance. Perusahaan dapat membuat program good corporate governance tahunan, dengan mereview indikator capaian utama dari setiap laporan keuangan tiap kuartal, dengan begitu akan didapat informasi yang akurat dan relevan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 06 Jun 2023 03:30
Last Modified: 06 Jun 2023 03:30
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40481

Actions (login required)

View Item View Item