PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA, KOMPETENSI STAFF AKUNTANSI, DAN KONFLIK KEPENTINGAN TERHADAP KEANDALAN LAPORAN KEUANGAN (STUDI EMPIRIK PADA PERBANKAN DI JAKARTA)

Julia, Silvi (2014) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA, KOMPETENSI STAFF AKUNTANSI, DAN KONFLIK KEPENTINGAN TERHADAP KEANDALAN LAPORAN KEUANGAN (STUDI EMPIRIK PADA PERBANKAN DI JAKARTA). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Silvi Julia 125100835 JA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Terdapat dua factor utama yang menyebabkan terjadinya skandal laporan keuangan yaitu: (a) implementasi standar umum, dan (b) implementasi standar pekerjaan lapangan. Adanya ragam perbedaan dan konflik kepentingan menyebabkan akuntan mengalami ambiguitas peran pada standar akuntansi. Penelitian ini bertujuan memperoleh bukti empiric pengaruhgayakepemimpinan, motivasi kerja, kompetensi staff akuntansi, dan konflik kepentingan terhadap kendalan laporan keuangan. Untuk menguji fakta empiric tersebut diperlukan diperlukan susunan logika dengan Background Theory: Weberian Theory, Grand Thoery: Georg Simmel (1838-1918), Kalf Dahrendrof (1929-2009), dan Lewis A Coser (1913-2003), Middle Range Theory: Jensen &Meckling (1976),Wolk & Tearney (1997:41), Application Theory: Robbins, & Judge (2007:401): David McCelland; Armstrong, dan Baron (1998:297): Robbins, & Judge (2007:173). Unit penelitian adalah 73 responden pada perbankan di Jakarta. Metode alat analisis menggunakan path analysis atau gabungan antara korelasi dan regresi untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian setelah dilakukan uji validitas, reabilitas, dan transformasi data ordinal ke interval manunjukkan hasil: (a) gaya kepemimpinan, motivasi kerja, kompetensi staff akuntansi, dan konflik kepentingan berpengaruh signifikan, dan (b) gaya kepemimpinan, motivasi kerja, dan kompetensi staff akuntansi terhadap keandalan laporan keuangan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan konflik kepentingan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keandalan laporan keuangan sebesar R square 0.644atau 64.4% dan sisanya merupakan faktor lain diluar model sebesar 0.366 atau 36.6 %. Hasil penelitian ini mempunyai konsistensi dengan seluruh kerangka pemikiran, tinjauan pustaka, dan penelitian terdahulu. Adapun saran umum untuk penelitian: (a) bagi pengembangan ilmu akuntansi diperlukan penelitian lanjutan di luar model seperti pemanfaatan teknologi informasi , (b) perusahaan perbankan perlu menyusun laporan keuangan agar andal, harus memperbaiki gaya kepemimpinan, meningkatkan motivasi kerja karyawan, meningkatkan kompetensi yang dimiliki setiap karyawan, danmengurangi konflik yang terjadi antar karyawan maupun pemimpin dilingkungan kerja. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Motivasi kerja, Kompetensi staff Akuntansi, KeandalanLaporanKeuangan, Perusahaan Perbankan Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Motivasi kerja, Kompetensi staff Akuntansi, KeandalanLaporanKeuangan, Perusahaan Perbankan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2023 04:04
Last Modified: 15 Jun 2023 04:04
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40628

Actions (login required)

View Item View Item