PENGARUH FIRM SIZE, BUSINESS RISK, GROWTH OF ASSET, PROFITABILITY DAN ASSET STRUCTURE TERHADAP CAPITAL STRUCTURE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2012

Alisuci, Leona (2014) PENGARUH FIRM SIZE, BUSINESS RISK, GROWTH OF ASSET, PROFITABILITY DAN ASSET STRUCTURE TERHADAP CAPITAL STRUCTURE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2012. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Leona Alisuci 125100331 JA.pdf

Download (138kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2010-2012. Penelitian dilakukan dengan meneliti pengaruh ukuran perusahaan, resiko bisnis, pertumbuhan aset, profitabilitas, dan struktur aset terhadap struktur modal. Variabel terikat, yaitu struktur modal diukur dengan membandingkan total hutang jangka panjang dengan total aktiva. Sedangkan variabel bebas antara lain ukuran perusahaan diukur dengan menghitung logaritma total aset, risiko bisnis diukur dengan membagi persentase perubahan EBIT dengan persentase perubahan penjualan. Pertumbuhan aset diukur dengan membandingkan selisih total aktiva tahun bersangkutan dan tahun sebelumnya dengan total aktiva tahun sebelumnya. Profitabilitas diukur dengan membagi laba bersih dengan total aktiva. Terakhir yaitu struktur aset dihitung dengan membandingkan total aktiva tetap dengan total aktiva. Penelitian ini dilakukan dengan sampel 36 perusahaan, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji koefisien regresi secara parsial, dan didapatkan hasil profitabilitas dan struktur aset mempunyai pengaruh terhadap struktur modal, dan variabel lainnya tidak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 19 Jun 2023 08:23
Last Modified: 19 Jun 2023 08:23
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40798

Actions (login required)

View Item View Item