ANALISIS PENGARUH KOMPONEN ARUS KAS DAN KOMPONEN AKRUAL DALAM MEMPREDIKSI ARUS KAS DI MASA MENDATANG (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2012)

Santoso, Metta (2014) ANALISIS PENGARUH KOMPONEN ARUS KAS DAN KOMPONEN AKRUAL DALAM MEMPREDIKSI ARUS KAS DI MASA MENDATANG (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2012). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Metta Santoso 125100260 JA.pdf

Download (116kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari bukti empiris pengaruh arus kas aktivitas operasi, penjualan, harga pokok penjualan, beban operasi dan administrasi, pembayaran bunga, pembayaran pajak, pendapatan dan beban lain-lain, perubahan dalam piutang, perubahan dalam utang dan kewajiban yang masih harus dibayar, perubahan dalam persediaan, beban depresiasi, beban amortisasi, total dari itemitem akrual lain, total arus kas, dan total akrual terhadap arus kas masa mendatang. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah arus kas aktivitas operasi, penjualan, harga pokok penjualan, beban operasi dan administrasi, pembayaran bunga, pembayaran pajak, pendapatan dan beban lainlain, perubahan dalam piutang, perubahan dalam utang dan kewajiban yang masih harus dibayar, perubahan dalam persediaan, beban depresiasi, beban amortisasi, total dari item-item akrual lain, total arus kas, dan total akrual, sedangkan variabel dependennya adalah arus kas masa mendaatang. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website IDX. Sampel penelitiannya adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI ) dengan periode penelitian tahun 2010-2012. Data dikumpulkan dengan metode purposive sampling. Adapun sampel yang digunakan adalah 55 perusahaan setiap tahunnya. Penelitian ini menggunakan regresi linear berganda untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arus kas operasi, penjualan, harga pokok penjualan, beban operasi dan administrasi, pembayaran pajak, pendapatan dan beban lain-lain, perubahan piutang usaha, perubahan persediaan, beban depresiasi, dan total arus kas berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan prediksi arus kas masa mendatang perusahaan, sedangkan pembayaran bunga, perubahan hutang dagang, beban amortisasi, total dari item-item akrual lain, dan total akrual tidak berpengaruh secara signifikan dalam memprediksi arus kas mendatang. Kata kunci : arus kas aktivitas operasi, penjualan, harga pokok penjualan, beban operasi dan administrasi, pembayaran bunga, pembayaran pajak, pendapatan dan beban lain-lain, perubahan dalam piutang, perubahan dalam utang dan kewajiban yang masih harus dibayar, perubahan dalam persediaan, beban depresiasi, beban amortisasi, total dari item-item akrual lain, total arus kas, total akrual, arus kas masa mendatang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 19 Jun 2023 08:48
Last Modified: 19 Jun 2023 08:48
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40808

Actions (login required)

View Item View Item