Upaya Hukum Oleh Notaris Yang Terbukti Tidak Bersalah Setelah Diberhentikan Secara Tidak Hormat (Studi Putusan Nomor : 235/G/2019/PTUN.KT)

Pangkey, Karen Abigael (2023) Upaya Hukum Oleh Notaris Yang Terbukti Tidak Bersalah Setelah Diberhentikan Secara Tidak Hormat (Studi Putusan Nomor : 235/G/2019/PTUN.KT). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Karen Abigael Pangkey_217211044.pdf

Download (495kB)
[img] Text
Bab isi_Karen Abigael Pangkey_217211044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Karen Abigael Pangkey_217211044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
Lampiran_Karen Abigael Pangkey_217211044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Notaris yang sudah diberhentikan secara tidak hormat tanpa proses pembelaan terkait SK pemberhentian oleh Menkumham atas rekomendasi dari Majelis Pengawas Notaris. Ini artinya bahwa hasil pengawasan, seorang Notaris bisa diberhentikan oleh Menkumham apabila notaris telah melakukan pelanggaran berat. Permasalahan yang dihadapi dalam penulisan tesis ini adalah bagaimana upaya hukum seorang Notaris yang diberhentikansecara tidak hormat setelah terbukti tidak bersalah dan apa akibat hukumdari pemberhentian tidak hormat yang dialami oleh Notaris yang terbukti tidak bersalah. Metode penelitiannya adalah penelitian hukum normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya hukum seorang Notaris yang telah diberhentikan secara tidak hormat dan terbukti tidak bersalah, maka dalam hal ini Notaris bisa mengajukan gugatan pembatalan seperti yang tercatat dalam Putusan PTUN Jakarta Nomor 235/G/2019/PTUN.KT yang dalam hal ini telah membatalkan Keputusan Menkumham No. AHU.55.AH.02.04 Tahun 2019. Akibat hukum pemberhentian tidak hormat yang dialami notaris yang terbukti tidak bersalah dalam putusan majelis hakim PTUN yang menyatakan bahwa surat keputusan tersebut adalah batal demi hukum, atau dengan kata lain keputusan TUN yang dibatalkan adalah menjadi tidak sah dan dalam hal ini berlaku surut sejak diterbitkannya, sehingga hal ini dianggap tidak ada, maka secara tidak langsung notaris bisa melaksanakan kembali profesinya sebagai notaris-pejabat umum serta mengembalikan harkat dan martabat notaris seperti keadaan semula.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Rahaditya, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Upaya Hukum, Notaris, Terbukti Tidak Bersalah, Diberhentikan Secara Tidak Hormat.
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 24 Jun 2023 04:06
Last Modified: 24 Jun 2023 04:06
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40919

Actions (login required)

View Item View Item