PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI DAN AKUNTAN PENDIDIK TERHADAP PRINSIP – PRINSIP ETIKA DALAM KODE ETIK IKATAN AKUNTAN INDONESIA (PENELITIAN PADA UNIVERSITAS TARUMANAGARA DAN STIE TRISAKTI)

Wissan, Dewi (2011) PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI DAN AKUNTAN PENDIDIK TERHADAP PRINSIP – PRINSIP ETIKA DALAM KODE ETIK IKATAN AKUNTAN INDONESIA (PENELITIAN PADA UNIVERSITAS TARUMANAGARA DAN STIE TRISAKTI). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Dewi Wissan 125070353 JA.pdf

Download (62kB)

Abstract

(E) Tujuan penelitian adalah untuk menguji dan mendapatkan bukti empiris mengenai perilaku dan persepsi mahasiswa akuntansi dan akuntan pendidik terhadap kode etik Ikatan Akuntan Indonesia, dan untuk mengetahui perbedaan persepsi mahasiswa akuntan dan akuntan pendidik terhadap kode etik Ikatan Akuntan Indonesia pada Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara dan STIE Trisakti. Data diperoleh dari kuesioner yang diberikan pada sampel yang telah ditetapkan oleh penulis. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dengan kriteria mahasiswa tingkat akhir jurusan akuntansi dan akuntan pendidik yang telah mengajar minimal 2 tahun pada periode penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah uji beda t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi yang signifikan antara mahasiswa akuntansi dan akuntan pendidik terhadap prinsip-prinsip etika dalam Kode Etik IAI. Peneliti menyarankan agar apabila penelitian selanjutnya menggunakan simple random sampling maka akan mendapatkan kesimpulan yang lebih generalisasi dengan syarat: peneliti harus memiliki daftar Perguruan Tinggi jurusan akuntansi di Indonesia, semua Perguruan Tinggi menyatakan kesediaan untuk mengisi kuesioner apabila terpilih secara random, dan random dilakukan oleh SPSS / program statistik lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 18 Aug 2023 07:25
Last Modified: 18 Aug 2023 07:25
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41423

Actions (login required)

View Item View Item