PENGARUH AKUNTABILTAS DAN PENGETAHUAN TERHADAP KUALITAS HASIL KERJA AUDITOR (STUDI EMPIRIK PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI JAKARTA BARAT, PUSAT, DAN UTARA)

Eliza, Eliza (2011) PENGARUH AKUNTABILTAS DAN PENGETAHUAN TERHADAP KUALITAS HASIL KERJA AUDITOR (STUDI EMPIRIK PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI JAKARTA BARAT, PUSAT, DAN UTARA). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Eliza 125070309 JA.pdf

Download (70kB)

Abstract

(E) Latar belakang penelitian ini adalah kepercayaan dari pemakai laporan keuangan yang diperiksa oleh akuntan publik mengharuskan akuntan publik memperhatikan kualitas hasil kerjanya. Hal ini dipengaruhi oleh akuntabilitas dan pengetahuan yang memadai sehingga akan dihasilkan laporan keuangan yang dapat dipercaya sebagai dasar pengambilan keputusan. Landasan teori penelitian ini merupakan pengembangan penelitian yang dilakukan oleh Diani Mardisar dan Ria Nelly Sari (2007). Kerangka pemikiran penelitian ini dikembangkan dari hierarchy of needs (Abraham Maslow) sebagai background theory, dan ERG theory (Clayton Alderfer) sebagai grand theory. Metode yang digunakan merupakan penelitian empirik dengan teknik purposive sampling di dalam pengumpulan data. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 107 kuesioner pada 14 Kantor Akuntan Publik (KAP) di Jakarta Barat, Pusat, dan Utara, dengan 88 kuesioner yang telah memberikan jawaban, yang terdiri dari junior auditor, senior auditor, manager, dan partner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara akuntabilitas dan pengetahuan. Pengujian pengaruh antara akuntabilitas dan pengetahuan terhadap kualitas hasil kerja auditor membuktikan akuntabilitas dan pengetahuan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas hasil kerja auditor secara parsial dan simultan. Kesimpulan penelitian ini adalah kualitas hasil kerja auditor yang baik didukung dengan adanya akuntabilitas yang tinggi dan pengetahuan yang memadai. Saran bagi penelitian selanjutnya sebaiknya dikembangkan dengan menggunakan variabel-variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 18 Aug 2023 08:27
Last Modified: 18 Aug 2023 08:27
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41438

Actions (login required)

View Item View Item