PENGARUH MANAJEMEN LABA TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG DIAUDIT OLEH KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) BIG FOUR DAN NON BIG FOUR

Safei, Priska Dwicahya (2011) PENGARUH MANAJEMEN LABA TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG DIAUDIT OLEH KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) BIG FOUR DAN NON BIG FOUR. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Priska 125070307 JA.pdf

Download (59kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh bukti empiris apakah manajemen laba mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham pada perusahaan yang diaudit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) Big Four dan Non Big Four. Sampel dari penelitian ini adalah 31 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang telah lolos kriteria pemilihan sampel untuk tiga periode penelitian yaitu tahun 2007, 2008, dan 2009. Return saham yang digunakan merupakan akumulasi return yang diukur selama enam periode yang berakhir tiga bulan setelah akhir tahun fiskal. Untuk mengetahui estimasi nilai akrual nondiskresioner digunakan The modified Jones model. Kemudian didapat nilai akrual diskresioner dengan mengurangkan total akrual dengan akrual nondiskresioner. Nilai akrual diskresioner ini menunjukkan hubungan antara manajemen laba dengan return saham. Berdasarkan hasil pengolahan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen laba terhadap return saham pada perusahaan yang diaudit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) Big Four dan Non Big Four baik secara parsial maupun simultan. Perbedaannya terletak pada arah pengaruhnya yang negatif (pada perusahaan yang diaudit oleh KAP Big Four) dan positif (pada perusahaan yang diaudit oleh KAP Non Big Four).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 23 Aug 2023 08:37
Last Modified: 23 Aug 2023 08:37
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41521

Actions (login required)

View Item View Item