ANALISIS ATAS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBERIAN GOING CONCERN AUDIT OPINION PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2006-2009

Sylvia, Sylvia (2011) ANALISIS ATAS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBERIAN GOING CONCERN AUDIT OPINION PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2006-2009. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Sylvia 125070218 JA.pdf

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi auditor dalam memberikan going concern audit opinion. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini antara lain financial distress, ukuran auditee, reputasi auditor,audit lag, dan leverage terhadap pemberian going concern audit opinion. Penelitian ini dilakukan terhadap 480 sampel auditee yang bergerak di bidang manufaktur yang terdaftar di BEI selama tahun 2006-2009. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah regresi logistik. Dengan tingkat keyakinan 95%, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hanya financial distress, ukuran auditee, dan leverage yang berpengaruh signifikan terhadap pemberian going concern audit opinion. Sedangkan, reputasi auditor dan audit lag tidak berpengaruh signifikan terhadap pemberian going concern audit opinion. Secara simultan, financial distress, ukuran auditee, reputasi auditor, audit lag, dan leverage berpengaruh signifikan terhadap pemberian going concern audit opinion. Penelitian selanjutnya dapat menambah variabel independen, memperluas objek penelitian, serta memperpanjang periode penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 24 Aug 2023 03:54
Last Modified: 24 Aug 2023 03:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41559

Actions (login required)

View Item View Item