PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (STUDI EMPIRIK PADA UNIVERSITAS TARUMANAGARA, UNIVERSITAS TRISAKTI, DAN UNIVERSITAS KATOLIK ATMA JAYA DI JAKARTA)

Valentina, Valentina (2011) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (STUDI EMPIRIK PADA UNIVERSITAS TARUMANAGARA, UNIVERSITAS TRISAKTI, DAN UNIVERSITAS KATOLIK ATMA JAYA DI JAKARTA). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Valentina 125070318 JA.pdf

Download (83kB)

Abstract

Keberhasilan mahasiswa dalam memahami pelajaran yang disampaikan oleh pengajar tidak hanya dipengaruhi oleh kecerdasan intelektual, tetapi juga dipengaruhi oleh kecerdasan lain yaitu kecerdasan emosional. Kedua variabel inilah dianggap mampu untuk mendukung tingkat pemahaman akuntansi seorang mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris adanya pengaruh kecerdasan emosional, dan kecerdasan intelektual terhadap tingkat pemahaman akuntansi baik secara parsial maupun simultan. Tinjauan pustaka yang dipakai dalam penelitian ini mengenai pengertian dan dimensi dari kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, dan tingkat pemahaman akuntansi. Metode penelitian menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 130 mahasiswa akuntansi angkatan 2007 pada Universitas Tarumanagara, Universitas Trisakti, dan Univesitas Katolik Atma Jaya di Jakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual juga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi baik secara parsial maupun simultan. Penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas populasi, memperbanyak responden, dan jumlah variabel independen, seperti faktor internal (faktor fisiologis dan psikologis) dan faktor eksternal (lingkungan sosial dan lingkungan non-sosial)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 24 Aug 2023 04:14
Last Modified: 24 Aug 2023 04:14
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41567

Actions (login required)

View Item View Item