ANALISIS PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN, STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2007-2009

Widianti, Widianti (2011) ANALISIS PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN, STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2007-2009. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Widianti 125070273 JA.pdf

Download (61kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan good corporate governance yang diproksikan oleh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, proporsi komisaris independen, ukuran dewan direksi dan keberadaan komite audit terhadap kinerja keuangan perusahaan yang diproksikan dengan ROE (Return on Equity) baik secara parsial maupun gabungan. Penelitian ini dilakukan terhadap seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2009 yang memenuhi kriteria-kriteria tertentu yang telah ditetapkan. Sampel yang dipilih menggunakan metode Purposive Sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 104 perusahaan manufaktur untuk masing-masing periode selama tahun 2007-2009. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah model regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS for Windows 17.0. Pertama, dilakukan sejumlah uji asumsi klasik untuk menguji apakah data memenuhi syarat untuk dilakukan pengujian hipotesis. Dengan tingkat keyakinan 95%, hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepemilikan manajemen, variabel proporsi komisaris independen dan variabel keberadaan komite audit terbukti tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan sedangkan variabel kepemilikan institusional dan variabel ukuran dewan direksi terbukti memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 24 Aug 2023 04:34
Last Modified: 24 Aug 2023 04:34
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41574

Actions (login required)

View Item View Item