ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN PAJAK PENGUSAHA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 46 TAHUN 2013 PADA WIRAUSAHA DI BOGOR PLAZA

Sidharta, Theresa (2014) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN PAJAK PENGUSAHA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 46 TAHUN 2013 PADA WIRAUSAHA DI BOGOR PLAZA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Theresa Sidharta 125100251 JA.pdf

Download (538kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menguji apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari faktor laba bersih, faktor persepsi atas beban pajak penghasilan, faktor persepsi atas keadilan dari sistem perpajakan yang berlaku, faktor rekan sejawat, dan faktor persepsi atas kemungkinan untuk terdeteksi terhadap faktor kepatuhan pajak pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Bogor Plaza. Penelitian dilakukan terhadap 120 pengusaha UMKM di Bogor Plaza dengan peredaran bruto tertentu, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013, yaitu tidak melebihi 4,8 miliar rupiah setahun. Penelitian ini menggunakan software SPSS version 20 (Statistical Product and Service Solution 20) dan Microsoft Excel dalam mengolah data hasil penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa faktor laba bersih dan rekan sejawat tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepatuhan pajak pengusaha UMKM di Bogor Plaza, sedangkan faktor persepsi atas beban pajak penghasilan dan persepsi atas kemungkinan untuk terdeteksi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepatuhan pajak pengusaha UMKM di Bogor Plaza. Di samping itu, untuk faktor persepsi atas keadilan dari sistem perpajakan yang berlaku, peneliti tidak melakukan penelitian lebih lanjut karena hasil tes menunjukkan bahwa instrumen-instrumen penelitian untuk faktor tersebut tidak reliabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2023 09:20
Last Modified: 25 Aug 2023 09:20
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41656

Actions (login required)

View Item View Item