PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, VISI DAN MISI ORGANISASI, DAN LINGKUNGAN EKSTERNAL TERHADAP BUDAYA ORGANISASI (Studi Empirik Pada Kantor Akuntan Publik di Jakarta Barat)

Novani, Novani (2013) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, VISI DAN MISI ORGANISASI, DAN LINGKUNGAN EKSTERNAL TERHADAP BUDAYA ORGANISASI (Studi Empirik Pada Kantor Akuntan Publik di Jakarta Barat). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Novani 125090016 JA.pdf

Download (446kB)

Abstract

(E) Penelitian ini bertujuan memperoleh bukti empirik pengaruh gaya kepemimpinan, visidan misi organisasi, dan lingkungan eksternal terhadap budaya organisasi. Untuk menguji fakta empirik tersebut diperlukan susunan logika dengan Background Theory: Aguste Comte (1806-1973); Grand Theory: Culture Dimension - Hoffstede dan Culture Values – Schein; Middle Range Theory: KI Hajar Dewantara, Selo Soemardjan, Koentjaraningrat dan Application Theory: Gaya kepemimpinan: Conger & Kanungo, Ivancevich, Yulk, Northouse, Robbins & Judge, Gibson, et al.; Visi misi organisasi: Hutabarat dan Husein, David, Bateman & Snell; dan Lingkungan Eksternal: Pearce & Robinson, Christensen, Glueck. Unit penelitian ini adalah 60 responden pada Kantor Akuntan Publik di Jakarta Barat. Metode alat analisis menggunakan path analysis atau gabungan antara korelasi dan regresi untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan. Hasil penelitian setelah dilakukan uji realibilitas, uji validitas dan transformasi data ordinal ke interval menunjukkan hasil: (a) gaya kepemimpinan, visi misi organisasi, lingkungan eksternal berpengaruh positif dan signifikan terhadap budaya organisasi, dan (b) gaya kepemimpinan, visi misi organisasi, dan lingkungan eksternal terhadap budaya organisasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan sebesar nilai adjusted R square 0.655 atau 65.5% dan sisanya merupakan faktor lain di luar model sebesar 0.345 atau 34.5%. Hasil penelitian ini mempunyai konsistensi dengan kerangka pemikiran, tinjauan pustaka, dan penelitian terdahulu. Adapun saran untuk penelitian: (a) untuk kebijakan manajerial, Kantor Akuntan Publik dapat membentuk budaya organisasi yang kuat dengan meningkatkan gaya kepemimpinan, visi dan misi organisasi, dan lingkungan eksternal, (b) bagi pengembangan ilmu diperlukan penelitian lanjutan di luar model seperti: pendidikan dan bahasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:47
Last Modified: 28 Aug 2023 04:47
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41703

Actions (login required)

View Item View Item