ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN, STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2010-2012

Anggraini, Noviana (2013) ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN, STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2010-2012. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Noviana Anggarini 125090364 JA.pdf

Download (396kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kinerja keuangan yang diproksikan oleh likuiditas, leverage, profitabilitas dan struktur kepemilikan yang diproksikan oleh kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan yang diproksikan dengan PBV (Price to Book Value) baik secara parsial maupun gabungan. Penelitian ini dilakukan terhadap seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2012 yang memenuhi kriteria-kriteria tertentu yang telah ditetapkan. Sampel yang dipilih menggunakan metode Purposive Sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 63 perusahaan manufaktur untuk masing-masing periode selama tahun 2010-2012. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah model regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS for Windows 20.0. Pertama, dilakukan sejumlah uji asumsi klasik untuk menguji apakah data memenuhi syarat untuk dilakukan pengujian hipotesis. Dengan tingkat keyakinan 95%, hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa hanya variabel profitabilitas yang berpengaruh terhadap nilai perusahaan sedangkan variabel likuiditas, leverage, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional terbukti tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan hasil penelitian secara bersama-sama menunjukkan bahwa variabel likuiditas, leverage, profitabilitas, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:49
Last Modified: 28 Aug 2023 04:49
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41704

Actions (login required)

View Item View Item