PENGARUH STANDAR AUDITING, STANDAR PENGENDALIAN MUTU, DAN KODE ETIK TERHADAP KUALITAS JASA AUDIT (Studi Empirik Pada Kantor Akuntan Publik di Jakarta)

Yuliawati, Nur Fitri (2013) PENGARUH STANDAR AUDITING, STANDAR PENGENDALIAN MUTU, DAN KODE ETIK TERHADAP KUALITAS JASA AUDIT (Studi Empirik Pada Kantor Akuntan Publik di Jakarta). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Nur Fitri Yuliawati 125090364 JA.pdf

Download (409kB)

Abstract

(E) Akuntan publik harus berpedoman pada standar auditing, standar pengendalian mutu, dan kode etik. Standar auditing terdiri dari standar umum, standar pekerjaan lapangan, dan standar pelaporan beserta interpretasinya. Standar auditing merupakan pedoman akuntan publik dalam melaksanakan tugasnya. Standar pengendalian mutu memberikan panduan bagi kantor akuntan publik di dalam mengendalikan kualitas jasa audit yang dihasilkan. Standar pengendalian mutu harus diterapkan oleh setiap kantor akuntan publik pada semua jenis jasa audit. Kode etik harus ditaati oleh setiap akuntan publik yang memberikan jasa pelayanan kepada masyarakat dan merupakan alat kepercayaan bagi masyarakat luas. Kepercayaan masyarakat dan pemerintah atas hasil kerja akuntan publik ditentukan oleh keahlian, independensi serta integritas moral atau kejujuran para akuntan publik dalam menjalankan tugasnya. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa penerapan standar auditing, standar pengendalian mutu, dan kode etik merupakan faktor penentu baik tidaknya kualitas jasa audit yang dihasilkan akuntan publik. Responden penelitian ini adalah para profesional yang bekerja di kantor akuntan publik di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan kuesioner di dalam mengumpulkan informasi dari responden yang tersedia pada saat dilakukannya penelitian untuk memberikan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa standar auditing, standar pengendalian mutu, dan kode etik berpengaruh signifikan terhadap kualitas jasa audit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:51
Last Modified: 28 Aug 2023 04:51
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41705

Actions (login required)

View Item View Item