Analisis ergonomi beban kerja mental dan kerja fisik terhadap pengendara ojek online wanita (T. Ind - 823)

Oktavera, Isnia (2023) Analisis ergonomi beban kerja mental dan kerja fisik terhadap pengendara ojek online wanita (T. Ind - 823). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
545190063_ISNIA_Cover.pdf

Download (90kB)
[img] Text
545190063_ISNIA_Pengesahan.pdf

Download (533kB)
[img] Text
545190063_ISNIA_abstrak.pdf

Download (273kB)
[img] Text
545190063_ISNIA_Daftar Isi.pdf

Download (273kB)
[img] Text
545190063_ISNIA_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] Text
545190063_ISNIA_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
545190063_ISNIA_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
545190063_ISNIA_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] Text
545190063_ISNIA_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
545190063_ISNIA_Daftar Pustaka.pdf

Download (170kB)

Abstract

Di Indonesia ojek identik dengan metode penyewaan jasa menggunakan alat transportasi motor yang dahulunya penyewa akan menggunakan jasa ojek bisa di temui dengan datang ke pangkalan. Ojek online atau biasa disebut dengan ojol yaitu ojek sepeda motor yang dapat dipesan melalui sebuah telepon genggam yang menggunakan internet dengan memanfaatkan aplikasi. Ojek online mampu mengubah cara pemesanan masyarakat dengan cepat dan mudah, sehingga ojol menjadi tranportasi yang banyak di gemari oleh masyarakat umum. Seiring perkembangannya berjalannya waktu, ojek online di Indonesia memiliki banyak pilihan dan pesaing yang bermunculan dengan menciptakan aplikasi-aplikasi ojek online yang memilii keunggulan di masing-masing perusahaannya. Penelitian kali ini bertujuan untuk menganalisis beban kerja yang dialami serta mengidentifikasi penyebab beban kerja berlebih yang dirasakan pengendara ojek online Wanita. Subjek penelitian kali ini adalah 31 driver grab Wanita di kota Tangerang dan Jakarta. Beban kerja yang diukur adalah beban kerja fisik dan mental. Manfaat dari penelitian kali ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkatan beban kerja baik fisik dan mental yang dialami pengendara ojek online Wanita serta mengetahui apakah jumlah pekerja sudah sesuai dengan standard optimal beban kerja pengendara tersebut. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu menganalisis seperti apa beban kerja mental yang dialami oleh pengendara ojek online Wanita selama di hapuskannya program lady grab. Pengukuran beban kerja mental dilakukan dengan metode pengukuran beban kerja mental yang digunakan yaitu; NASA-TLX, Nordic Body Map, dan RSME (Rating Scale Mental Effort). Hasil perhitungan 79,5 menunjukan rata-rata skor yang ditanggung oleh para pengendara ojek online Wanita berkategori tinggi dan sangat tinggi. Hasil perhitungan RSME memberikan rata-rata skor 968,6 dengan keterangan beban kerja mental sangat besar berat. Kata kunci: Beban Kerja Mental dan Fisik, NASA-TLX, NORDIC BODYMAP, RSME

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 15 Sep 2023 01:54
Last Modified: 27 Oct 2023 06:47
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41793

Actions (login required)

View Item View Item