Implementasi rule-based chatbot pada sistem pos berbasis mobile untuk pt berca retail group

Frederico, Fitz (2023) Implementasi rule-based chatbot pada sistem pos berbasis mobile untuk pt berca retail group. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
535190068_FITZ_Cover.pdf

Download (0B)
[img] Text
535190068_FITZ_Daftar Isi.pdf

Download (423kB)
[img] Text
535190068_FITZ_Pengesahan.pdf

Download (0B)
[img] Text
535190068_FITZ_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
535190068_FITZ_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] Text
535190068_FITZ_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (972kB)
[img] Text
535190068_FITZ_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] Text
535190068_FITZ_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
535190068_FITZ_Daftar Pustaka.pdf

Download (421kB)

Abstract

Aplikasi yang dibuat adalah Aplikasi Point Of Sales yang berisikan Fitur Scanner Barcode dan Chatbot sekaligus fitur pemesanan atau sales order berbasis Mobile. Sistem ini dirancang menggunakan bahasa pemrograman Flutter Dart, Phyton kemudian sebagai database-nya adalah MySQL. Aplikasi ini mengimplementasikan transaksi penjualan yang lebih cepat dan efisien untuk pelanggan, memiliki fitur fitur yang dapat meningkatkan kinerja pekerjaan dan penjualan. Pemilihan mobile sebagai sistem aplikasi karena lebih mudah mengoperasikannya, serta sifat dari mobile app yang efisien dan fleksibel, dapat membantu mengurangi cost yang harus dikeluarkan tiap bulannya menjadi salah satu alasan dibangun dan dirancangnya aplikasi POS berbasis mobile dalam bidang transaksi retail penjualan. Pada saat ini banyak pelanggan yang ingin membeli produk harus mengantri lama di kasir. Apabila kondisi traffic sedang ramai akan membuat suasana menjadi tidak nyaman karena harus berdesak-desakan bahkan ada pelanggan yang sampai batal untuk membeli. Ditambah ketika transaksi pembayaran, kasir mengalami masalah baik pada mesin printer atau komputer yang mengakibatkan pelanggan harus menunggu lebih lama karena kasir tidak mengerti cara menyelesaikan masalah tersebut. Aplikasi Point of Sales dengan fitur Chatbot berbasis mobile ini dirancang untuk mengatasi masalah masalah yang dialami dan sering terjadi. Fitur chatbot akan sangat mempermudah kasir ketika mengalami masalah, dapat memperbaiki masalah sendiri dan menghemat waktu dibandingkan harus menunggu tindak lanjut dari pihak IT untuk memperbaiki masalah tersebut. Penggunaan mobile transaksi bisa dilakukan dimana saja, tidak terfokus pada satu titik. Selain dapat membantu kasir dan mempermudah pelanggan, aplikasi ini juga dapat membantu pihak perusahaan karena dapat meningkatkan penjualan bulanan bahkan tahunan perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Teknik Informatika
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 15 Sep 2023 08:00
Last Modified: 15 Sep 2023 08:00
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41806

Actions (login required)

View Item View Item