Tanggung Jawab Notaris Terhadap Akta Pernyataan Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Yang Dibuat Berdasarkan Dokumen Palsu (Studi Kasus : Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Utara Nomor 133/Pid.B/2022/Pn Jkt Utr)

Tanjung, Adrian (2023) Tanggung Jawab Notaris Terhadap Akta Pernyataan Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Yang Dibuat Berdasarkan Dokumen Palsu (Studi Kasus : Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Utara Nomor 133/Pid.B/2022/Pn Jkt Utr). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Halaman Depan_Adrian Tanjung_217212028.pdf

Download (948kB)
[img] Text
Bab isi__Adrian Tanjung_217212028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Adrian Tanjung_217212028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[img] Text
Lampiran_Adrian Tanjung_217212028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis tanggung jawab notaris yang membuat akta pernyataan keputusan rapat berdasarkan risalah rapat yang didasarkan pada dokumen palsu, serta untuk menganalisis kekuatan hukum akta pernyataan keputusan rapat yang dibuat atas dasar risalah rapat yang berdasarkan dokumen palsu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian normatif atau yuridis normatif dengan pendekatan peraturan perundang-undangan. Sumber data penelitian terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan dan wawancara dengan ahli dalam bidang kenotariatan dan perseroan terbatas. Analisis data dilakukan dengan metode analisis destruktif dan kualitatif, serta menggunakan pendekatan deskriptif untuk menjelaskan permasalahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggung jawab notaris terhadap akta pernyataan keputusan rapat yang dibuat atas dasar risalah rapat berdasarkan dokumen palsu meliputi tanggung jawab administratif, tanggung jawab perdata, dan sanksi pidana. Selain itu, akta yang dibuat atas dasar risalah rapat yang berdasarkan dokumen palsu memiliki kekuatan hukum yang tidak sah. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penegakan disiplin notaris dalam pembuatan akta pernyataan keputusan rapat serta perlunya kesadaran akan keabsahan dokumen yang digunakan sebagai dasar pembuatan akta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Ahmad Sudiro, S.H., M.H., M.Kn., M.M.
Uncontrolled Keywords: Tanggung jawab notaris, Akta pernyataan keputusan rapat, Risalah rapat, Dokumen palsu
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 30 Oct 2023 06:33
Last Modified: 30 Oct 2023 06:33
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/42054

Actions (login required)

View Item View Item