Graciela, Graciela (2023) SLB untuk tunanetra pusat pendidikan dasar khusus untuk tunanetra di Sunter Agung. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
315180017_GRACIELA_Cover.pdf Download (179kB) |
|
Text
315180017_GRACIELA_Pengesahan.pdf Download (156kB) |
|
Text
315180017_GRACIELA_Daftar Isi.pdf Download (154kB) |
|
Text
315180017_GRACIELA_Abstrak.pdf Download (113kB) |
|
Text
315180017_GRACIELA_Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
|
Text
315180017_GRACIELA_Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (736kB) |
|
Text
315180017_GRACIELA_Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
315180017_GRACIELA_Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
315180017_GRACIELA_Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (688kB) |
|
Text
315180017_GRACIELA_Bab 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
Text
315180017_GRACIELA_Daftar Pustaka.pdf Download (74kB) |
Abstract
Salah satu bagian dari masyarakat yang perlu diperhatikan adalah anak luar biasa terutama dalam rancangan keruangan dan sirkulasinya. Hal ini dapat dipadukan dengan desain yang menggunakan konsep healing therapeutic yaitu dengan keluarbiasaan yang dimiliki oleh masing-masing anak luar biasa mulai dari hal interaksi sosial, psikologis dan pola pikir. Anak luar biasa perlu adanya pusat pendidikan yang fasilitasnya memadai sehingga dapat mengembangkan potensi dari anak luar biasa agar mereka bisa meningkatkan kepercayaan diri yang dapat menghasilkan karya yang berguna bagi masyarakat. Fasilitas pendidikan yang diwadahi harus memikirkan rancangan desain sesuai dengan kebutuhan mereka dan sirkulasi yang memadai untuk memudahkan mereka dalam mobilitas. Untuk mewujudkan hal tersebut perlu adanya penelitian dalam kebutuhan ruang lalu mewujudkan kebutuhan ruang tersebut sebagai rancangan desain. Dengan dibantu oleh program-program yang merangsang indera-indera lain oleh anak-anak luar biasa, mereka akan lebih percaya diri dan mandiri di lingkungan luar dan mungkin tidak selalu bergantung kepada orang lain. Dalam penelitian ini, penulis membawakan konsep healing therapeutic pada pusat pendidikan khusus tunanetra ini dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berarti mengumpulkan data yang dilakukan dengan studi literatur dan juga observasi lapangan. Kata kunci: Anak luar biasa; Fasilitas; Healing Therapeutic; Pendidikan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 31 Dec 2023 11:04 |
Last Modified: | 31 Dec 2023 11:04 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/42489 |
Actions (login required)
View Item |