Haryanto, Jessica Juan (2023) Spectrum explorer: terapeutik sensori playscape untuk anak dengan disabilitas intelektual. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
315190063_JESSICA_Cover.pdf Download (164kB) |
|
Text
315190063_JESSICA_Pengesahan.pdf Download (119kB) |
|
Text
315190063_JESSICA_Daftar Isi.pdf Download (94kB) |
|
Text
315190063_JESSICA_Abstrak.pdf Download (143kB) |
|
Text
315190063_JESSICA_Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
|
Text
315190063_JESSICA_Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) |
|
Text
315190063_JESSICA_Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
Text
315190063_JESSICA_Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) |
|
Text
315190063_JESSICA_Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
|
Text
315190063_JESSICA_Bab 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
Text
315190063_JESSICA_Daftar Pustaka.pdf Download (120kB) |
Abstract
Anak-anak dengan kondisi keterbelakangan intelektual termasuk anaktunagrahita masih tidak memiliki kesempatan yang setara untuk memperolehketerampilan hidup dasar yang sama dengan anak lainnya. Minimnya fungsi dalam desain baik ruang dalam maupun ruang luar yang sesuai dapat menghalangi partisipasi anak di sekolah dan dapat menurunkan kualitas hidupmereka. Perancangan ini akan mengkaji ruang bermain dan belajar bagi anaktunagrahita yang layak dan sesuai dengan perbedaan dalam respons sensorikdan motorik. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metodepenelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang difokuskan padapermasalahan dan fakta yang ditemukan melalui pengamatan dan observasi. Dalam penyelasaian masalah pendekatan yang digunakan dalamperancanganini adalah melalui pendekatan sensori terapeutik arsitektur, yaitu denganmengedepankan lingkungan dan berfokus pada manusia melalui panca indera. Pendekatan multisensor ini diharapkan akan mengarah pada pengembanganyang lebih baik dalam mempromosikan perkembangan sosial, kognitif, danemosional serta mendorong mereka untuk terlibat dengan mudah dalammasyarakat. Kata kunci: tunagrahita; arsitektural; pendidikan; sensori terapeutik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 02 Jan 2024 12:10 |
Last Modified: | 02 Jan 2024 12:10 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/42532 |
Actions (login required)
View Item |