Spectrum explorer: terapeutik sensori playscape untuk anak dengan disabilitas intelektual

Haryanto, Jessica Juan (2023) Spectrum explorer: terapeutik sensori playscape untuk anak dengan disabilitas intelektual. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
315190063_JESSICA_Cover.pdf

Download (164kB)
[img] Text
315190063_JESSICA_Pengesahan.pdf

Download (119kB)
[img] Text
315190063_JESSICA_Daftar Isi.pdf

Download (94kB)
[img] Text
315190063_JESSICA_Abstrak.pdf

Download (143kB)
[img] Text
315190063_JESSICA_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] Text
315190063_JESSICA_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] Text
315190063_JESSICA_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
315190063_JESSICA_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] Text
315190063_JESSICA_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text
315190063_JESSICA_Bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
315190063_JESSICA_Daftar Pustaka.pdf

Download (120kB)

Abstract

Anak-anak dengan kondisi keterbelakangan intelektual termasuk anaktunagrahita masih tidak memiliki kesempatan yang setara untuk memperolehketerampilan hidup dasar yang sama dengan anak lainnya. Minimnya fungsi dalam desain baik ruang dalam maupun ruang luar yang sesuai dapat menghalangi partisipasi anak di sekolah dan dapat menurunkan kualitas hidupmereka. Perancangan ini akan mengkaji ruang bermain dan belajar bagi anaktunagrahita yang layak dan sesuai dengan perbedaan dalam respons sensorikdan motorik. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metodepenelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang difokuskan padapermasalahan dan fakta yang ditemukan melalui pengamatan dan observasi. Dalam penyelasaian masalah pendekatan yang digunakan dalamperancanganini adalah melalui pendekatan sensori terapeutik arsitektur, yaitu denganmengedepankan lingkungan dan berfokus pada manusia melalui panca indera. Pendekatan multisensor ini diharapkan akan mengarah pada pengembanganyang lebih baik dalam mempromosikan perkembangan sosial, kognitif, danemosional serta mendorong mereka untuk terlibat dengan mudah dalammasyarakat. Kata kunci: tunagrahita; arsitektural; pendidikan; sensori terapeutik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 02 Jan 2024 12:10
Last Modified: 02 Jan 2024 12:10
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/42532

Actions (login required)

View Item View Item