Rumah bermain lansia: sebuah wadah rekreasi dan sosialisasi guna meningkatkan kualitas hidup lansia

Hilarisani, Ivonne Tiara (2023) Rumah bermain lansia: sebuah wadah rekreasi dan sosialisasi guna meningkatkan kualitas hidup lansia. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
315190111_IVONNE_Cover.pdf

Download (228kB)
[img] Text
315190111_IVONNE_Pengesahan.pdf

Download (155kB)
[img] Text
315190111_IVONNE_Daftar Isi.pdf

Download (235kB)
[img] Text
315190111_IVONNE_Abstrak.pdf

Download (230kB)
[img] Text
315190111_IVONNE_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
315190111_IVONNE_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
315190111_IVONNE_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
315190111_IVONNE_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
315190111_IVONNE_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
315190111_IVONNE_Bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
315190111_IVONNE_Daftar Pustaka.pdf

Download (197kB)

Abstract

Lansia merupakan kelompok yang mengalami proses penuaan dan akan menghadapi berbagai tantangan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Populasi lansia di Indonesia terus meningkat tiap tahunnya dengan populasi lansia mencapai lebih dari 7% dari total populasi penduduk, sehingga perlu melakukan upaya untuk mensejahterakan lansia sesuai dengan Undang-Undang Kesejahteraan Lanjut Usia. Salah satu masalah yang sering muncul pada lansia adalah kesepian yang diakibatkan karena kurangnya interaksi sosial dengan teman-teman sebayanya. Interaksi sosial memiliki dampak positif terhadap kualitas hidup lansia. Penulis berempati kepada lansia yang mengalami kesepian dan membutuhkan interaksi sosial dengan teman-teman sebayanya. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menciptakan tempat rekreasi dan sosialisasi yang menghibur, interaktif, dan bermanfaat untuk lansia. Tujuan dari penulisan ini adalah melibatkan arsitektur empati dalam sebuah perencanaan proyek yang dapat mengatasi masalah kesepian pada lansia. Metode dalam penulisan ini adalah observasi lapangan dan wawancara, serta menerapkan konsep arsitektur empati dan playful architecture. Konsep ini menekankan pada keceriaan dan kebahagiaan. Tujuannya adalah untuk menciptakan ruang yang mengundang untuk bermain, bereksperimen, dan bersenang-senang. Serta memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengunjungnya. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan memperkuat ikatan sosial dalam komunitas.Kata kunci: lansia; empati; playful; arsitektur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 04 Jan 2024 04:10
Last Modified: 04 Jan 2024 04:10
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/42561

Actions (login required)

View Item View Item