Geraldine, Celine (2023) Wadah pembinaan karakter dan bakat berdasarkan kurikulum untuk anak autism spectrum disorder (ASD). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
315190146_CELINE_Cover.pdf Download (39kB) |
|
Text
315190146_CELINE_Pengesahan.pdf Download (342kB) |
|
Text
315190146_CELINE_Abstrak.pdf Download (151kB) |
|
Text
315190146_CELINE_Daftar Isi.pdf Download (817kB) |
|
Text
315190146_CELINE_Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) |
|
Text
315190146_CELINE_Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
315190146_CELINE_Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (837kB) |
|
Text
315190146_CELINE_Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
315190146_CELINE_Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
|
Text
315190146_CELINE_Daftar Pustaka.pdf Download (334kB) |
Abstract
Anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) memiliki karakter khusus yang berbeda dari anak-anak seusianya. Mereka cenderung lebih sensitif dan mudah terganggu oleh berbagai hal yang dapat menyebabkan kehilangan fokus. Karakter yang tidak umum ini membuat mereka kesulitan berada di ruang ataupun lingkungan pada umumnya, sehingga dapat memicu kegelisahan dan emosi yang tidak stabil. Hal inilah yang menyebabkan anak ASD membutuhkan rancangan ruang khusus sesuai dengan kebutuhan dan karakter mereka. Adanya fenomena tersebut memperkuat alasan dibutuhkannya penerapan arsitektur perilaku dalam menunjang karakter khusus anak ASD. Ruang yang sesuai serta kondisi lingkungan yang memadai akan membuat anak ASD menjadi lebih teratur, nyaman, dan aman dalam kesehariannya sehingga perkembangan mereka akan meningkat baik secara akademis maupun non akademis. Dalam menerapkan arsitektur perilaku ke dalam rancangan untuk anak ASD dibutuhkan sebuah penelitian. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian fenomenologi dimana metode ini mengarahkan peneliti untuk merasakan secara langsung, melakukan observasi dan wawancara pada suatu kejadian atau pengalaman yang dimiliki oleh orang lain. Fenomenologi dilakukan dengan tinggal bersama dengan anak ASD dalam jangka waktu tertentu. Melalui penellitian tersebut diperoleh data mengenai karakter khusus anak ASD beserta kebutuhan dan keterbatasan yang mereka miliki. Hasil penelitian merupakan penerapan terhadap desain berdasarkan pemilihan warna, pencahayaan, tata letak ruang, proporsi ruang, tekstur, material, furniture, sirkulasi, suasana dan transisi serta penanda. Kata kunci: Arsitektur Perilaku; Autisme; Fenomenologi; Karakter; Ruang
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 11:08 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 11:08 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/42577 |
Actions (login required)
View Item |