Wadah pembinaan karakter dan bakat berdasarkan kurikulum untuk anak autism spectrum disorder (ASD)

Geraldine, Celine (2023) Wadah pembinaan karakter dan bakat berdasarkan kurikulum untuk anak autism spectrum disorder (ASD). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
315190146_CELINE_Cover.pdf

Download (39kB)
[img] Text
315190146_CELINE_Pengesahan.pdf

Download (342kB)
[img] Text
315190146_CELINE_Abstrak.pdf

Download (151kB)
[img] Text
315190146_CELINE_Daftar Isi.pdf

Download (817kB)
[img] Text
315190146_CELINE_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
315190146_CELINE_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
315190146_CELINE_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)
[img] Text
315190146_CELINE_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
315190146_CELINE_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
315190146_CELINE_Daftar Pustaka.pdf

Download (334kB)

Abstract

Anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) memiliki karakter khusus yang berbeda dari anak-anak seusianya. Mereka cenderung lebih sensitif dan mudah terganggu oleh berbagai hal yang dapat menyebabkan kehilangan fokus. Karakter yang tidak umum ini membuat mereka kesulitan berada di ruang ataupun lingkungan pada umumnya, sehingga dapat memicu kegelisahan dan emosi yang tidak stabil. Hal inilah yang menyebabkan anak ASD membutuhkan rancangan ruang khusus sesuai dengan kebutuhan dan karakter mereka. Adanya fenomena tersebut memperkuat alasan dibutuhkannya penerapan arsitektur perilaku dalam menunjang karakter khusus anak ASD. Ruang yang sesuai serta kondisi lingkungan yang memadai akan membuat anak ASD menjadi lebih teratur, nyaman, dan aman dalam kesehariannya sehingga perkembangan mereka akan meningkat baik secara akademis maupun non akademis. Dalam menerapkan arsitektur perilaku ke dalam rancangan untuk anak ASD dibutuhkan sebuah penelitian. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian fenomenologi dimana metode ini mengarahkan peneliti untuk merasakan secara langsung, melakukan observasi dan wawancara pada suatu kejadian atau pengalaman yang dimiliki oleh orang lain. Fenomenologi dilakukan dengan tinggal bersama dengan anak ASD dalam jangka waktu tertentu. Melalui penellitian tersebut diperoleh data mengenai karakter khusus anak ASD beserta kebutuhan dan keterbatasan yang mereka miliki. Hasil penelitian merupakan penerapan terhadap desain berdasarkan pemilihan warna, pencahayaan, tata letak ruang, proporsi ruang, tekstur, material, furniture, sirkulasi, suasana dan transisi serta penanda. Kata kunci: Arsitektur Perilaku; Autisme; Fenomenologi; Karakter; Ruang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 04 Jan 2024 11:08
Last Modified: 04 Jan 2024 11:08
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/42577

Actions (login required)

View Item View Item